6. Modul

Bayangkan kelas anda sebagai sebuah buku. Bila judul/tema kelas anda adalah judul buku, maka modul adalah judul/tema bab. Sedangkan sub-bab buku adalah seri (dibahas selanjutnya).

Modul sebagai bab adalah judul/tema yang berisi gagasan khusus dari tema umum yang sudah anda tentukan. Modul hanya berisi judul/tema, bukan konten. Karena konten akan diletakkan pada seri/sub-bab.

MEMBUAT MODUL

Modul di Arkademi jumlah minimalnya 3 dan maksimal 5 per kelas. Secara umum modul terbagi atas 3 bagian.

1. Bagian Awal

– Perkenalkan diri anda dan mengapa anda layak mengajar.

– Jelaskan apa yang akan dipelajari oleh siswa di kelas anda.

– Jelaskan hasil apa yang didapat oleh siswa setelah mengikuti kelas anda (target).

– Jelaskan bagaimana kelas ini akan diakhiri. Apa yang ditawarkan di akhir kelas.

– Berikan hasil cepat atau quick win buat siswa di sejak di modul awal meski sederhana. Misal anda memberikan kuis pemecahan masalah, menulis minimal 3 ide bisnis, mengisi template yang tersedia, dll.

2. Bagian Pembahasan

– Fokus pada satu keahlian/keterampilan per modul. Anda bisa membuat beberapa modul dalam bagian pembahasan sesuai dengan keahlian yang anda ajarkan.

– Setiap modul mengajarkan keahlian berbeda dengan modul lain, atau level keahlian yang makin tinggi di modul berikutnya.

– Pastikan tujuan tiap modul tetap relevan dengan tujuan kelas.

– Setiap siswa Arkademi ingin mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dan berlatih. Setiap modul harus memiliki minimal 3 pertanyaan latihan dalam bentuk kuis pilihan ganda, salah-benar, multi-correct, jawaban pendek, atau jawaban panjang.

3. Bagian Akhir

– Anda bisa memberikan ujian tahap akhir kepada siswa yang memuat seluruh materi yang telah dibahas di modul-modul sebelumnya. Ujian bisa berupa kuis pilihan ganda, salah-benar, multi-correct, jawaban pendek, atau jawaban panjang. Kuis akhir umumnya memiliki pertanyaan dengan jumlah dan bobot lebih banyak.

– Berikan selamat pada siwa anda karena telah menyelesaikan seluruh materi kelas.

– Sampaikan tentang cara kelulusan dan penilaian latihan/tgas (bila ada), termasuk sertifikat dan lencana kelas.

– Sampaikan tentang interaksi/konsultasi pasca kelas di forum atau saluran lain yang anda pilih.

– Jelaskan apa yang sebaiknya mereka lakukan pasca kelas. Apa tema pembelajaran selanjutnya yang sebaiknya mereka ikuti? Apa buku yang sebaiknya mereka baca? Apa kegiatan yang sebaiknya mereka ikuti?

– Sampaikan bila anda memiliki sesuatu yang ditawarkan kepada siswa seperti e-book, workshop offline, pendaftaran event, dan produk anda lainnya.

– Silakan menuliskan tautan (link), kode kupon, atau yang lainnya yang bisa diakses di luar Arkademi oleh siswa dan relevan terhadap tema kelas.

KETENTUAN UMUM MODUL

1. Setiap kelas minimal terdiri dari 3 modul dan maksimal 5 modul.

2. Dalam setiap modul terdapat minimal 2 seri, maksimal 4 seri konten pengajaran.

3. Setiap modul terdapat latihan berupa kuis minimal 5 pertanyaan, maksimal 10 pertanyaan.

4. Durasi setiap modul maksimal 30 menit.

5. Tema dan target setiap modul harus sesuai dengan tema, tujuan, dan level kelas.

TARGET MODUL

Arkademi mendorong setiap siswa untuk minimal BISA. ‘Bisa’, ‘Mampu’, ‘Terampil’, ‘Ahli’, atau ‘Mendapatkan Hasil’ harus menjadi tujuan modul anda dan dimasukkan ke setiap tujuan modul. Tujuan tiap modul harus berbeda dengan modul lain sesuai dengan fokus dan level keterampilan yang dibawakan di masing-masing modul.

Dalam membuat target modul anda mesti berorientasi pada kepentingan siswa untuk membuat mereka bisa melakukan apa yang anda ajarkan dan berdampak pada keseharian hidup mereka.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia