5. Harga Kelas

Kelas di Arkademi bisa gratis dan berbayar. Anda yang menentukan. Begitu pula dengan nominal harga. Harga kelas berbayar atau premium di Arkademi minimal Rp 49.000/siswa dan maksimal tak terbatas.

1. KELAS GRATIS

Kami tak mengenakan biaya apapun bagi tiap mentor yang membuka kelasnya di Arkademi. Karena itu anda boleh membuka kelas gratis untuk waktu dan jumlah siswa tidak terbatas. Anda mungkin membuka kelas gratis untuk mendapatkan banyak siswa karena anda menawarkan sebuah produk di dalam kelas.

Berikut ini adalah hal yang sebaiknya anda pertimbangkan untuk membuka kelas gratis:

– Anda akan mendapatkan banyak siswa.

– Data kami menunjukkan siswa pada kelas gratis memiliki progres kelas yang rendah. Misalnya berhenti di tengah kelas, menunda dalam waktu panjang, atau tidak menyelesaikan sama sekali. Hal ini terjadi karena pengorbanan minimal cenderung tidak menciptakan motivasi kuat di diri siswa untuk menyelesaikan kelas.

– Kelas gratis cenderung dipersepsikan menawarkan materi pembelajaran yang bernilai rendah.

– Materi kelas gratis cenderung memiliki kualitas lebih rendah dibanding kelas premium (berbayar) karena kurang memberikan motivasi finansial yang kuat bagi mentor.

– Mentor tidak mendapatkan penghasilan dari kelas.

 

2. KELAS PREMIUM

Yang perlu anda ketahui tentang kelas premium di Arkademi.

– Tidak ada biaya apapun bagi mentor yang membuka kelas premium/berbayar. Mentor berbagi keuntungan (profit sharing) sejumlah 15% untuk Arkademi dari setiap transaksi yang terjadi.

– Harga kelas premium minimal Rp 49.000 per siswa dan maksimal tidak terbatas.

– Harga kelas bisa diatur berdasarkan waktu: selamanya, per bulan, per tahun, per 70 hari dsb. Setelah durasi waktu itu habis, siswa tidak bisa masuk kembali ke kelas.

– Harga bisa diubah kapanpun.

– Harga bisa diubah berdasarkan waktu dan jumlah siswa yang telah bergabung. Misal 100 siswa pertama (early bird) seharga Rp 100.000, selanjutnya Rp 250.000. Atau Rp 100.000 per siswa yang mendaftar di 10 hari pertama, dan selanjutnya Rp 250.000.

– Bisa menentukan diskon (sale) untuk kelas.

– Bisa memberikan kupon diskon kelas dengan minimal harga Rp 49.000 setelah diskon.

– Pembayaran siswa ditangani oleh Arkademi lewat payment gateway Midtrans.

– Harga nett sudah termasuk biaya payment gateway.

– Arkademi mendapatkan komisi sebesar 15% dari harga kelas pada setiap transaksi siswa. Komisi itu digunakan Arkademi 5% untuk biaya payment gateway, dan 10% untuk operasional Arkademi agar bisa terus berjalan melayani anda dan siswa lebih baik lagi.

MENENTUKAN HARGA

Menentukan besaran harga untuk kelas anda adalah salah satu bagian terpenting di Arkademi. Sebelum menentukan harga, perhatian beberapa hal berikut.

– Popularitas Mentor

Makin tinggi popularitas anda di komunitas dan masyarakat serta pengalaman di bidang yang anda ajarkan, makin tinggi harga kelas.

– Tema

Kelas yang mengajarkan keterampilan untuk memecahkan masalah nyata dalam kewirausahaan atau karier dengan pendekatan terbaru dan berbeda serta bertopik hangat dan hasilnya bisa didapat dengan segera, dapat memiliki harga kelas yang tinggi.

– Level Kelas

Makin tinggi level kompetensi pengajaran yang anda ajarkan, makin tinggi harga kelas.

– Durasi dan Kedalaman Konten

Makin panjang durasi dan kedalaman konten pengajaran anda, makin tinggi harga kelas.

– Fitur Kelas

Makin banyak fitur yang anda gunakan untuk memacu keterampilan siswa dalam memecahkan masalah (misalnya kuis, latihan, tugas, project, webinar), makin tinggi harga kelas.

– Nilai tambah

Kelas yang menawarkan nilai tambah memiliki harga lebih tinggi. Nilai tambah itu seperti diskon produk, aplikasi gratis, template, e-book, atau voucher diskon untuk kelas lain.

HARGA RELATIF

Harga selalu bersifat relatif terhadap pembandingnya. Harga kelas online di Arkademi sebaiknya dibandingkan terhadap harga kelas online lain, harga video pembelajaran, atau harga buku non-fiksi. Harga kelas anda sebaiknya tidak dibandingkan dengan harga kelas offline seperti workshop, seminar, training, atau lokakarya.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia