4. Level Siswa

Siswa anda akan datang dari berbagai level pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Setiap kelas harus spesifik pada segmen level siswa yang dituju untuk mensinkronkan antara materi pengajaran dengan apa yang telah atau belum diketahui atau dialami siswa. Di Arkademi level pengajaran dibagi menjadi 3 kategori.

1. PEMULA

Siswa belum mengetahui sama sekali, baru pernah mendengar, dan belum pernah mempraktekannya sama sekali. Termasuk siswa yang sudah tahu dan pernah berpraktek di bidang/tema yang anda ajarkan maksimal 1 tahun.
Target minimal: menjadi tahu dan menjadi bisa.

2. MAHIR

Siswa sudah tahu dan pernah mempraktekkan bidang/tema yang anda ajarkan dalam rentang waktu 2-5 tahun. Siswa ini telah mengetahui dasar-dasar tema pengajaran dan diasumsikan secara konsisten terus mempraktekannya.
Target minimal: menjadi terampil.

3. AHLI

Siswa sudah mempraktekkan bidang/tema pengajaran di level mahir lebih dari 5 tahun secara terus-menerus. Siswa di level ini diasumsikan sebagai para profesional berpengalaman di bidangnya.
Target minimal: menjadi mendapatkan hasil.

SPESIALISASI & LEARNING PATH

Anda hanya bisa memilih 1 level untuk tiap kelas dan tidak bisa mencampurkan level berbeda ke 1 kelas. Bila anda memiliki materi untuk semua level, anda bisa memisahkannya menjadi kelas yang berbeda. Dengan demikian anda bisa mendapatkan lebih banyak siswa dan penghasilan.

Teknologi di Arkademi memungkinkan seorang siswa untuk mengikuti kelas pra-syarat sebelum bergabung ke kelas tertentu. Ini merupakan implementasi dasar dari learning path atau jalur pembelajaran yang mengarahkan siswa kepada sebuah spesialisasi.

Contoh:
Anda mengajarkan tema tentang memulai, mengelola, mengembangkan, dan mengekspansi usaha restoran. Diasumsikan materi pengajaran anda tersedia dalam level pemula, mahir, dan ahli. Berikut ini contoh learning path kelas anda tersebut.

Kelas 1: Cara memulai usaha restoran
Level pemula. Harga Rp 200.000/siswa.

Kelas 2: Cara memasarkan usaha restoran dan mengembangkan produk
Level mahir. Anda bisa menentukan apakah siswa yang akan mengikuti Kelas 2 harus lebih dulu mengikuti Kelas 1, atau bisa juga tidak. Harga berbeda untuk dua jenis siswa. Rp 100.000 untuk siswa yang telah mengikuti kelas 1, Rp 250.000 untuk siswa yang ingin langsung masuk ke Kelas 2 tanpa mengikuti kelas 1.

Kelas 3: Cara mengekspansi usaha restoran ke luar kota melalui franchise
Level ahli. Kondisi yang sama pada Kelas 2 bisa juga anda terapkan di Kelas 3 ini.

Tidak ada batasan membuka kelas di Arkademi. Kelas anda pada tiap level tidak harus hanya 1, sangat mungkin saja lebih. Dengan demikian anda bisa menjual lebih banyak kelas.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia