3. Target Kelas

Setelah anda menentukan tema, selanjutnya adalah menentukan target kelas. Sebagai mentor anda harus menentukan ke arah mana anda akan membawa siswa. Target adalah situasi atau tujuan akhir yang anda tentukan untuk siswa.

Dalam membuat target, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. SEGMEN SISWA

Tidak ada satu pengajaran yang cocok atau menarik untuk semua orang. Kelas anda mesti ditargetkan pada segmen siswa yang spesifik. Pilihlah segmen yang tidak terlalu luas tapi juga tidak terlalu kecil. Bila anda telah memiliki komunitas, target utama anda sebaiknya adalah komunitas tersebut. Data industri e-learning menunjukkan pemilihan siswa yang spesifik memberikan hasil yang lebih bagus.

2. KEBUTUHAN DAN MASALAH

Arkademi hadir untuk membantu setiap orang memecahkan masalah nyata. Karena itu target kelas anda disesuaikan dengan kebutuhan segmen siswa dan mampu memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi. Cari tahu kebutuhan dan masalah ini dengan cara berdialog dengan komunitas dan jejaring anda.

3. KOMPETENSI
Kelas di Arkademi mengajarkan segala hal yang praktikal, bukan sekadar teori. Setidaknya ada 4 tahapan dalam pengajaran:

  • – Tidak tahu menjadi tahu.
  • – Tidak bisa menjadi bisa.
  • – Tidak terampil menjadi terampil.
  • – Tidak mendapatkan hasil menjadi mendapatkan hasil.

Kompetensi yang anda ajarkan harus bisa dipraktekkan dan materi pengajaran anda akan mendorong mereka untuk berpraktek. Sehingga, target kompetensi kelas anda minimal membuat siswa dari tidak bisa menjadi bisa. Lebih bagus lagi bila menjadi terampil dan mendapatkan hasil.

BERTANYA KE DIRI SENDIRI

Dengan demikian, dalam membuat target kelas anda mesti mengajukan pertanyaan di bawah ini kepada diri sendiri dan menjawabnya.

  • – Masalah apa pada siswa yang anda bantu pecahkan melalui kelas ini?
  • – Mengapa kelas anda harus ada?
  • – Mengapa siswa bersedia membayar untuk mengikuti kelas anda?
  • – Apa target yang dimiliki siswa anda dalam kewirausahaan atau karier mereka
  • – Apa jenis kuis, latihan, atau tugas yang akan anda berikan di dalam kelas yang akan membantu siswa anda menjadi bisa, terampil, atau mendapatkan hasil nyata?

Contoh Target:

– Siswa mengetahui strategi pemilihan lokasi usaha yang strategis menggunakan teknik hotelling model untuk mereka praktekkan demi meningkatkan daya saing dan penghasilan usaha.

– Siswa dapat mengetahui teknik dasar yang benar dalam mengelola buku kas, jurnal, dan neraca, untuk kemudian dipraktekkan sehari-hari dalam menjalankan usaha mereka dengan tujuan mengelola keuangan usaha secara sehat.

– Target siswa saya adalah para wirausahawan UKM yang telah memiliki website atau berencana memiliki website, agar mengetahui dan memahami SEO level paling dasar dan mempraktekannya untuk mendapatkan lebih banyak pembeli dari website sederhana.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia