20. Latihan

Latihan adalah konten yang menfasilitasi siswa untuk berlatih pada materi yang telah diajarkan. Salah satu hal terpenting bagi siswa Arkademi adalah membuat mereka terlatih dalam memecahkan masalah nyata dengan solusi yang nyata dan mampu memberi dampak pada kehidupan sehari-hari.

Bedanya dengan kuis, Latihan mengajukan pertanyaan terbuka tanpa pilihan jawaban. Jawaban siswa harus diperiksa secara manual oleh mentor melalui dashboard mentor.

Latihan di Arkademi tidak bersifat hapalan, namun menguji pemahaman, berlatih mempraktekkan materi ajar, berlatih memecahkan masalah riil, kreativitas, dan analisa, pada sebuah skenario dunia nyata.

TIPE TUGAS

– Jawaban Pendek.

– Jawaban Panjang.

Tipe tugas ini berhubungan dengan fitur di Arkademi yang menyediakan kotak kosong kecil untuk tipe Jawaban Pendek, dan kotak kosong besar untuk Jawaban Panjang.

Karena jawaban siswa harus diperiksa manual, mentor diharapkan mengalokasikan waktu minimal 2 kali dalam seminggu untuk memeriksa dan menilai jawaban latihan siswa.

STANDAR LATIHAN

– Bukan pertanyaan menghapal.

– Tidak ada pilihan jawaban.

– Latihan tidak bisa digabung dengan Kuis dan Tugas, begitu pula sebaliknya.

– Pertanyaan dalam bentuk analisas kasus, praktek, pemecahan masalah, analisa, dan tindakan, dalam bentuk skenario nyata dan realistis.

– Relevan dengan materi yang diajarkan.

– Ditujukan untuk praktek materi ajar dan berlatih memecahkan masalah pada situasi nyata yang sangat mungkin dihadapi siswa.

– Jumlah pertanyaan dalam 1 Latihan minimal 3, maksimal 5.

 

SKOR

Setiap Latihan memiliki skor masing-masing yang besaran skornya bisa dibedakan menurut bobot pertanyaan atau seri.

 

PENILAIAN

Latihan dinilai atau dievaluasi secara manual oleh mentor melalui dashboard mentor.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia