2. Menentukan Tema

Pada bagian atas formulir, anda diminta untuk menulis judul atau tema kelas. Kami sarankan untuk menulis TEMA dibanding judul. Kami nanti akan membantu anda membuat judul kelas yang menarik.

Dalam membuat tema, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Menguasai.

Pilihlah tema yang anda sukai dan kuasai. Penguasaan anda pada tema harus sesuatu yang sudah anda praktekkan minimal 2 tahun berturut-turut dan memberikan hasil atau kesuksesan yang nyata buat anda. Anda mesti sudah terampil pada tema tersebut. Jangan mengajarkan atau memilih tema yang belum terbukti pada anda sendiri.

2. Minimal 5 tahun (bukan praktisi)

Bila anda bukan seorang praktisi, maka tema yang anda pilih mesti anda kuasai pengetahuannya minimal 5 tahun berturut-turut dalam dunia pendidikan formal. Anda juga mesti memiliki latar belakang akademis yang sesuai dengan tema.

3. Berorientasi Siswa.

Anda membuat kelas untuk orang lain, bukan untuk diri anda sendiri. Pilihlah tema yang menurut anda paling banyak peminatnya. Makin banyak siswa, makin besar pula penghasilan anda dari kelas. Bila anda memiliki komunitas, tanyakan terlebih dulu tema yang menarik bagi mereka dan apakah mereka kelak akan bersedia bergabung ke kelas.

4. Hasil Nyata.

Pilihlah tema yang bisa langsung dipraktekkan dan dapat memberikan hasil nyata dalam waktu singkat (quick win). Hasil tidak harus dalam bentuk keuangan/penghasilan, tapi juga keterampilan yang membuat seseorang dari tidak bisa menjadi bisa.

5. Topik hangat.

Pilihlah tema yang sedang banyak diperbincangkan atau menjadi masalah utama dalam bidang industri anda. Tema kelas yang memecahkan masalah nyata yang sedang terjadi, berpotensi diminati orang banyak.

6. Differensiasi.

Pilihlah tema spesifik yang merupakan turunan dari tema umum industri anda. Di luar sana sangat mungkin sudah terdapat artikel, tutorial, atau e-book tentang tema umum. Menjadikan tema anda lebih spesifik dibanding tema umum atau menawarkan pendekatan baru, berpotensi diminati orang banyak.

7. Konten.

Pilihlah tema yang konten pengajarannya bisa anda buat dengan upaya, waktu dan biaya mininal.

8. Pemasaran.

Karena anda juga akan memasarkan atau menawarkan kelas anda kepada orang lain, pilihlah tema yang mudah untuk anda tawarkan kepada orang lain, terutama kepada komunitas anda.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia