13. Memilih Format

Format adalah jenis media pengajaran yang anda gunakan dalam kelas. Format adalah konten pengajaran anda. Di Arkademi setiap mentor harus membuat kontennya sendiri. Hingga saat ini Arkademi belum menyediakan layanan membuat konten untuk mentor. Arkademi baru sebatas mendiskusikan format yang tepat untuk kelas anda, menyediakan tutorial, menetapkan standar, dan menilai kelayakan format yang dikirimkan mentor.

Sebagai platform teknologi pengajaran online, Arkademi memiliki fleksibilitas dalam format pengajaran. Berikut adalah format yang dapat diakomodir oleh Arkademi.

  • – VIDEO TALKING HEAD (VTH)
  • – VIDEO SCREENCAST (VSC)
  • – VIDEO SLIDE (VS)
  • – SLIDE (S)
  • – ARTIKEL (A)
  • – KUIS (K)
  • – LATIHAN (L)
  • – TUGAS (T)
  • – RESOURCE (R)

Dalam 1 kelas dan modul, sangat mungkin mentor mengkombinasikan beberapa format. Namun dalam setiap seri sangat kami sarankan hanya menggunakan 1 format.

Pertimbangkan hal-hal di bawah ini dalam memilih format.

POPULARITAS

Format konten pengajaran online yang paling digemari orang saat ini adalah video dengan suara penjelasan materi. Video menciptakan perspesi interaksi langsung antara mentor dan siswa selayaknya sebuah kelas virtual. Video juga melahirkan persepsi pengajaran personal langsung ke individu. Di Arkademi, konten video dibagi menjadi 3: talking head dan screencast.

Popularitas kedua adalah video slide dimana mentor menyampaikan materi dalam bentuk slide power point atau PDF yang diiringi oleh suara/voice over mentor yang menjelaskan isi slide.

Popularitas ketiga adalah slide tanpa suara, baik dalam bentuk power point maupun PDF. Format ini digunakan seperti halnya di situs Slideshare.

RELEVANSI

Tidak ada satu format yang cocok untuk semua jenis pengajaran. Karena itu mentor mesti memilih format yang tepat untuk menjadikan kelasnya berkualitas tinggi. Format adalah alat anda dalam menjelaskan, menunjukkan, dan menguji.

– MENJELASKAN
Anda menjelaskan tentang sebuah konsep, fenomena, analisa, atau profil diri/seseorang.
Format: Video talking head, video screencast, video slide, slide, artikel, resource.

– MENUNJUKKAN
Anda menunjukkan cara kerja, implementasi konsep, barang, contoh kasus, peristiwa, atau dialog.
Format: Video talking head, video screencast, video slide, slide, artikel. Wajib bergambar, bergerak maupun tidak.

– MENGUJI
Anda menguji kemampuan siswa memecahkan masalah, menganalisa, berpikir kreatif, atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan apa yang sudah anda ajarkan.
Format: kuis, latihan, tugas.

STANDAR UMUM

– Berbahasa Indonesia.

– Tanpa musik latar belakang. Video dapat diselipkan musik pada bagian pembukaan dan penutupan.

– Durasi maksimal untuk menyaksikan, mendengar, atau membaca konten maksimal 10 menit per seri.

– Video berdimensi 16:9 (wide) dengan resolusi minimal 720.

– Suara terdengar jernih dan jelas tanpa noise (kebisingan latar).

– Slide berdimensi 4:3 (standart) atau 16:9 (wide)

– Satu artikel pada seri tidak lebih dari 1.000 kata dengan maksimal 5 gambar dan 1 video.

– Arkademi adalah ruang bagi semua usia. Setiap konten dilarang untuk menampilkan hal yang melanggar hukum dan norma umum. Antara lain: pornografi, kekerasan, permusuhan, kebencian, rasial, alkohol, obat terlarang, prostitusi, diskriminasi gender, pelecehan seksual, dsb. Larangan ini termasuk mengajak, mempromosikan, atau menyatakan dukungan pada hal-hal yang dilarang, termasuk juga dukungan politik.

– Arkademi ditujukan untuk semua golongan tanpa melihat perbedaan asal-usul, agama, golongan, ras, profesi, ekonomi, dan strata sosial. Setiap konten ditujukan untuk melayani semua golongan dan dilarang ditujukan untuk golongan tertentu berdasarkan identitasnya.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia