10. Kuis/Latihan/Tugas

Salah satu hal terpenting yang diinginkan oleh siswa adalah mampu mempraktekkan apa yang anda ajarkan di dunia nyata dan memberikan dampak langsung. Menjadi tempat berlatih memecahkan masalah nyata dengan solusi nyata adalah nilai terpenting kelas anda dan Arkademi. Berlatih di Arkademi adalah aktivitas utama yang menghubungkan relevansi materi pengajaran anda pada dunia nyata.

Berlatih di Arkademi memiliki tujuan mengasah 4 hal:

1. Menganalisa

2. Memecahkan masalah nyata dengan solusi nyata

3. Berpikir kreatif

4. Melakukan sesuatu

Berlatih di Arkademi bisa dilakukan lewat 3 cara: Kuis, Latihan, Tugas.

Masing-masing fitur berlatih ini memiliki skor/nilainya. Mentor sendiri yang akan menentukan skor pada tiap fitur latihan. Pemberian skor bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem atau diberikan secara manual setelah anda periksa. Skor akan diakumulasikan oleh sistem dan total skor akan menentukan kelulusan siswa di dalam kelas. Kelulusan berdasarkan passing grade yang ditentukan oleh mentor. Rata-rata passing grade di Arkademi adalah 80%. Artinya, bila total skor di kelas anda adalah 50, maka siswa harus mendapatkan nilai minimal 40 agar lulus.

 

KUIS

Format kuis di Arkademi dalam bentuk pilihan ganda, multi-correct (jawaban yang benar lebih dari 1), dan benar-salah.

Berikut ini adalah ketentuan dan tips membuat kuis.

– Kuis bertujuan untuk mendorong kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah.

– Kuis bisa diletakkan pada setiap modul. Tapi kuis tidak bisa diletakkan di seri.

– Setiap kuis terdiri dari minimal 5 dan maksimal 10 pertanyaan.

– Evaluasi hasil kuis dilakukan secara otomatis oleh sistem sehingga mentor tidak perlu memeriksa secara manual.

– Setiap pertanyaan kuis bisa memiliki bobot skor yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya.

– Setiap pertanyaan kuis harus relevan dengan apa yang diajarkan pada modul atau seri sebelumnya.

– Setiap pertanyaan kuis harus menggunakan skenario dunia nyata atau contoh kasus yang riil yang situasinya terdekat dengan siswa atau masyarakat umum.

– Kreativitas mentor sangat mentukan dalam mendesain pertanyaan dan kemungkinan jawaban.

 

LATIHAN

Latihan adalah fitur berlatih di Arkademi dimana siswa ditugaskan untuk menjawab sebuah pertanyaan terbuka. Mentor tidak memberikan pilihan jawaban seperti halnya kuis. Siswa harus mengetik jawabannya untuk kemudian dinilai secara manual oleh mentor.

Berikut ini adalah ketentuan dan tips membuat latihan.

– Latihan bertujuan untuk mendorong kemampuan menganalisa, memecahkan masalah, dan berpikir kreatif.

– Jawaban latihan harus diperiksa dan dinilai secara manual oleh mentor setelah siswa mengumpulkan lewat dashboard khusus mentor.

– Tidak diwajibkan membuat Latihan dalam kelas. Namun kelas dengan fasilitas Latihan akan lebih disukai siswa.

– Latihan bisa diletakkan pada setiap modul. Tapi Latihan tidak bisa diletakkan di seri.

– Dalam 1 latihan terdapat minimal 2 dan maksimal 5 pertanyaan.

– Pertanyaan Latihan harus bersifat terbuka, tidak menawarkan pilihan jawaban.

– Setiap pertanyaan latihan bisa memiliki bobot skor yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya.

– Setiap pertanyaan latihan harus relevan dengan apa yang diajarkan pada modul atau seri sebelumnya.

– Sangat disarankan untuk membuat soal latihan dimana siswa terlebih dahulu mempraktekkan apa yang telah diajarkan, sebelum siswa mengetahui jawabannya.

– Setiap pertanyaan latihan harus menggunakan skenario dunia nyata atau contoh kasus yang riil yang situasinya terdekat dengan siswa atau masyarakat umum.

– Kreativitas mentor sangat mentukan dalam mendesain pertanyaan dan kemungkinan jawaban.

 

TUGAS

Mendapatkan hasil yang nyata dengan segera adalah salah satu keinginan utama para siswa terhadap apa yang mereka pelajari di kelas anda. Tugas adalah fitur dalam Arkademi dimana anda bisa menugaskan siswa melakukan sebuah proyek dalam skala kecil yang hasilnya bisa didapat dengan segera sesuai dengan tujuan kelas anda. Hasil tugas ini harus bermanfaat nyata bagi siswa, bukan hanya sekedar bagian dari pengajaran.

Misal, kelas anda mengajarkan cara membuat buku jurnal dan neraca usaha. Maka anda bisa menugaskan siswa membuat buku jurnal tersebut di dokumen mereka sendiri untuk kemudian di-upload di dalam kelas untuk anda nilai.

Atau misal anda mengajarkan cara membuat kue berbahan baku cokelat. Maka anda bisa menugaskan siswa membuat kue kreasinya sendiri, menfoto kue tersebut, dan di-upload di dalam kelas untuk anda nilai.

Berikut ini adalah ketentuan dan tips membuat tugas.

– Tugas bertujuan untuk mendorong kemampuan menganalisa, memecahkan masalah, berpikir kreatif, dan melakukan sesuatu.

– Hasil penugasan harus diperiksa dan dinilai secara manual oleh mentor setelah siswa mengumpulkan lewat dashboard khusus mentor.

– Tidak diwajibkan membuat Tugas dalam kelas. Namun kelas dengan Tugas akan lebih disukai siswa.

– Tugas bisa diletakkan pada setiap modul. Tapi Latihan tidak bisa diletakkan di seri.

– Dalam 1 tugas hanya boleh terdapat 1 penugasan.

– Tugas latihan bisa memiliki bobot skor yang berbeda dengan kuis dan latihan.

– Disarankan hanya menyediakan maksimal 1 tugas per kelas.

– Disarankan tugas dapat dikerjakan oleh siswa dalam waktu maksimal 5 hari. Makin cepat hasil yang didapatkan lewat tugas, maka makin baik.

– Hasil tugas harus sesuatu yang memberi manfaat nyata bagi siswa dan bisa langsung digunakan atau dikembangkan.

– Disarankan agar tidak memberikan tugas yang mengeluarkan dana di sisi siswa.

© 2017-2018 PT Arkademi Daya Indonesia