Manusia hanya menggunakan 10% dari kemampuan otaknya hanyalah mitos

Mendesain Sebuah Objek Dalam Bentuk 2D Menggunakan AutoCAD

AutoCAD adalah software yang diperlukan untuk membuat gambar 2D dengan akurat. Waktu pengerjaan lebih singkat dan hasilnya lebih sempurna

AutoCAD merupakan salah satu software yang dibutuhkan oleh mereka yang menggeluti dunia teknik. Software ini dapat digunakan untuk membuat atau mendesain gambar 2D atau 3D, misalnya membuat gambar sketsa rumah atau mesin.

Karena itu, para designer atau drafter  yang bertugas membuat gambar teknik arsitektur, mekanikal, sipil, aeronautical, dan elektrikal, dituntut untuk menguasai AutoCAD. Menggambar melalui AutoCAD dapat menggantikan cara menggambar secara manual.

Manfaat Menggunakan AutoCAD

Dibandingkan cara manual, apa kelebihan menggunakan AutoCAD untuk menggambar bidang 2D? Ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan software ini, antara lain:

  1. Waktu menggambar lebih singkat

Dengan menggunakan AutoCAD, Anda dapat membuat desain atau gambar dalam waktu yang lebih singkat. Fitur-fitur yang terdapat di dalam software akan memudahkan Anda untuk membuat gambar 2D.

 

2. Hasil kerja mudah didokumentasikan

Setelah mengerjakan sebuah gambar, Anda tentu ingin hasilnya tersimpan dengan rapi dan aman. AutoCAD memudahkan pengguna untuk melakukan Export dokumen ke komputer atau flashdisk. Selain itu, dokumen hasil AutoCAD bisa langsung dicetak dengan efisien.

 

3. Gambar mudah diedit

Jika Anda menggunakan AutoCAD untuk membuat desain 2D, akan lebih mudah untuk melakukan editing. Ada sejumlah fitur pada AutoCAD yang bisa digunakan untuk menyunting gambar sehingga menjadi lebih sempurna. Anda membutuhkan hal ini, terutama saat mengerjakan desain yang rumit.

 

4. Hasil desain lebih akurat

Dengan AutoCAD, ukuran gambar 2D lebih akurat dan desainnya terlihat lebih presisi. Anda juga bisa menyesuaikan skala gambar dengan ukuran aslinya. Hal ini tentu sulit dilakukan dengan menggunakan cara manual, misalnya untuk menggambar sketsa bangunan.

Cara Mudah Belajar AutoCAD 2D

Keuntungan menggunakan software AutoCAD ternyata tidak sedikit. Karena itu, Anda yang bekerja di bidang teknik sangat wajib menguasai kemampuan ini. Nah, bagi yang masih pemula dan belum memahami seluk-beluk AutoCAD, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk belajar software ini, yaitu:

  1. Pasang software AutoCAD di komputer

Ya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasang software AutoCAD 2D di komputer Anda. Sebelumnya, pastikan komputer yang akan digunakan memiliki spesifikasi yang sesuai dengan standar operasi AutoCAD.

 

2. Hafalkan perintah sederhana yang sering digunakan

Langkah selanjutnya adalah menghafal perintah sederhana yang sering digunakan dalam operasional AutoCAD, misalnya untuk membuat garis atau menghapus garis. Dengan mengetahui perintah yang dibutuhkan, pekerjaan yang harus dilakukan dengan AutoCAD akan lebih mudah.

 

3. Kenali fitur dasar dalam AutoCAD

Selain mengetahui perintah, Anda juga perlu mengenali fitur dasar AutoCAD 2D, misalnya Offset, Copy, Array, Move, Rotate, Trim, Extend, Mirror, dan Scale. Fitur-fitur ini dibuat untuk memudahkan Anda dalam mencapai tujuan saat menggunakan AutoCAD.

 

4. Mengikuti kursus atau pelatihan AutoCAD

Ada orang yang lebih mudah untuk belajar jika didukung oleh materi yang lengkap dan terstruktur. Untuk itu, Anda bisa bergabung di kelas Mahir AutoCAD 2D di Arkademi. Selain mendapatkan materi PDF, di kelas online ini Anda juga akan mendapatkan materi video pengajaran tentang AutoCAD bagi pemula.

Lulus dari kursus, Anda diharapkan telah mengenal software AutoCAD, termasuk berbagai tools yang bisa digunakan. Tak diragukan lagi, keterampilan ini bisa menjadi modal untuk bersaing di dunia kerja. Bukan hanya itu, Anda juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang teknik.

Jadi, mendesain objek 2D AutoCAD ternyata tidak sulit jika Anda tahu langkah-langkah yang harus dilakukan. Selamat belajar, semoga bermanfaat!

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia