Mempelajari bahasa kedua, dapat meningkatkan kemampuan otak anak

Memaksimalkan Penggunaan Smartphone untuk menambah penghasilan dari Hobi ke Bisnis

Gemar berkutat dengan smartphone? Yuk, jadikan perangkat ini sebagai bentuk investasi Anda dengan memaksimalkan penggunaannya sampai menghasilkan cuan dengan bisnis online!

Selama ini, seberapa optimal Anda dalam menggunakan smartphone?

Teknologi yang satu ini sudah pasti bukan barang asing bagi Anda. Anda menggunakannya setiap hari untuk berkirim kabar via aplikasi perpesanan instan, berbagi berita di media sosial, menemukan informasi dari portal berita online, mengoleksi foto, dan sebagainya. Namun dari sederet kegiatan tersebut, pernahkah terbersit dalam benak Anda untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan bisnis menggunakan smartphone saja?

Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda lakukan dari rumah saja dengan cukup bermodalkan smartphone. Bahkan, beberapa di antaranya termasuk bisnis online tanpa modal tambahan yang berarti seperti dropshipping, program afiliasi, blogger, content creator, admin sosial media, dan sebagainya. Anda hanya perlu berkutat dengan smartphone—seperti yang sudah sering dilakukan dan bahkan menjadi hobi—dan melakoninya dengan lebih bertanggung jawab.

Namun, semudah apa pun kelihatannya, Anda tetap memerlukan beberapa trik khusus agar maksimal dalam mengubah hobi menjadi bisnis cuan. Setidaknya, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

 

Rajin Melakukan Promosi

Khususnya bagi pebisnis baru, jangan enggan untuk melakukan promosi. Jangkauan pasar Anda yang luas dengan sederet panjang kompetitor yang sudah lebih dahulu dikenal adalah alasan paling logis mengapa Anda harus rajin melakukan promosi. Jika merek-merek besar yang sudah dikenal luas oleh masyarakat saja rajin melakukan promosi, maka sudah tentu pemilik usaha anyar harus lebih berdedikasi.

Melakukan promosi agar hasilnya maksimal pun ada triknya tersendiri. Seperti contoh, Anda bisa mencari waktu paling tepat untuk melakukan promosi (hari, rentang waktu, dan sebagainya) sehingga publikasi iklan dapat menjamah lebih banyak audiens dan calon konsumen.

 

Membuat Konten yang Menarik dan Representatif

Konten merupakan daya magnet utama seseorang saat ini tertarik untuk melakukan sebuah transaksi secara online. Apabila konten yang disampaikan tidak mampu memikat calon konsumen, bagaimana mungkin bisnis Anda dapat melejit seperti yang diharapkan?

Dalam membuat konten pun, ada banyak yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah inti informasi yang disampaikan—gaya penyampaian, diksi, narasi, dan sebagainya. Selain itu, keindahan visual seperti foto atau gambar yang ditampilkan haruslah representatif dan berkualitas baik. Oleh karena manusia pada dasarnya merupakan makhluk visual, maka tak ada salahnya Anda mempelajari keterampilan desain grafis meski ‘tipis-tipis’.

 

Bijak dalam Merespon

Anda tentu sudah paham bahwa karakter setiap orang berbeda—apalagi di online platform yang kerap makin tak terprediksi. Atas dasar tersebutlah Anda perlu bijak dalam memberikan respon. Bersikaplah terbuka, tetapi jangan sampai menurunkan bargaining power Anda. Belajar untuk bersabar bila ada pelanggan yang komplain dan mulai memperhatikan setiap karakter pelanggan baru maupun lama. Dari situ, Anda nantinya akan terbiasa merespon bagaimanapun situasinya ketika komunikasi terjadi.

Jika Anda memang benar-benar menjalankan bisnis online shop seorang diri, tak ada salahnya untuk membatasi jam operasional. Seperti contoh, Anda bisa memberlakukan pembalasan chat dilakukan hanya pada jam kerja seperti Senin-Jumat pukul 07.00-19.00 WIB. Lagipula, sebesar apapun hobi Anda berkutat dengan smartphone, mata dan tubuh Anda tetap membutuhkan istirahat.

 

Menjaga dan Meningkatkan Konsistensi

Ketika seluruh aspek terpenuhi dan bisnis menunjukkan tren positif, kini saatnya Anda menjaga konsistensi. Rutinlah dalam melakukan promosi, pencatatan stok maupun keuangan, dan sebagainya—termasuk memperdalam wawasan dan teknik tentang bisnis online.

Anda bisa belajar tentang usaha berbasis platform digital dari manapun, mulai dari buku, media sosial, hingga seminar. Namun untuk lebih komprehensif, Anda dapat mengikuti kelas khusus. Saat ini sudah banyak tempat kursus online yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda dalam berbisnis. Namun, tidak banyak tempat kursus atau pelatihan online yang memberikan fleksibilitas waktu dengan harga terjangkau.

 

Arkademi menyediakan berbagai pilihan kelas bisnis online untuk membantu Anda mengembangkan usaha rintisan dari rumah. Anda dapat memilih kelas bagaimana untuk membuat konten yang tepat untuk meningkatkan bisnis, mengetahui dasar-dasar digital marketing yang kerap disepelekan sehingga usaha pun tak maksimal, mengaplikasikan Facebook Ads maupun Google Ads, dan sederet kursus online lainnya.

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia