Mengunyah permen karet dapat mengurangi stres

Lakukan 5 Hal Ini Setelah Program Magang Kamu Berakhir

Banyak kalangan Mahasiswa atau Fresh Graduates yang tidak terlalu mengerti apa yang harus dilakukan setelah program magang berakhir. Padahal banyak hal yang harus dilakukan setelah program magang berakhir. Karena setelah kontrak magang berakhir, biasanya kamu akan mulai menjadi seorang first jobber atau job seeker. Jika beruntung, kamu dapat langsung diangkat menjadi karyawan di Perusahaan tersebut. Tapi sayangnya jika belum beruntung, kamu harus kembali berjuang untuk mencari pekerjaan tetap. Simaklah 5 hal yang harus kamu lakukan, setelah program Magang kamu berakhir.

1. Menjaga Hubungan Yang Baik Dengan Perusahaan

Jalinlah hubungan yang baik dengan Perusahaan tempat kamu bekerja. Tunjukan rasa menghargai dengan meninggalkan kesan yang baik kepada rekan kerja maupun atasan. Simpanlah semua kontak rekan kerja dan berikan salam terima kasih secara tulus. Inisiatif tersebut akan memberikan kesan bahwa kamu sangat menghargai seluruh pengalaman dan ilmu yang telah didapatkan dari Perusahaan.

2. Pertahankan Hubungan Baik dengan Relasi Professional

Tetap menjalin komunikasi secara berkala dengan relasi profesional yang kamu dapatkan selama program magang. Relasi tersebut bisa berasal dari klien, rekan kerja, maupun stakeholders Perusahaan. Siapa tahu kamu bisa mendapat peluang yang lebih baik dengan mendapatkan pekerjaan baru. Tak hanya pekerjaan baru, kamu bisa juga diajak kontribusi dalam suatu project. Itulah pentingnya mempertahankan relasi profesional.

3. Perbaharui CV & Portfolio

Waktu terbaik untuk update CV dan Portfolio adalah setelah program magang selesai. Karena kamu masih mengingat dengan baik ilmu dan skill yang telah kamu pelajari dari project yang telah kamu kerjakan. Deskripsikan pekerjaanmu dengan detail dalam CV, buatlah konsep portfolio yang kreatif dan jelas. Ceritakan pengalaman atau pencapaian terbaik yang pernah kamu raih selama program magang. Dengan begitu Perusahaan akan tertarik merekrut kamu. Cara ini akan membuatmu berhasil dalam mendokumentasikan pengalaman professional kamu dengan hasil yang lebih baik.

4. Meminta Penilaian Kinerja Tertulis Dari Atasan

Mintalah penilaian tertulis dari atasan kamu. Penilaian atau evaluasi tertulis dari atasan dapat menjadi bahan referensi kamu untuk dilihat oleh rekruter Perusahaan, saat kamu ingin melamar kerja. Kamu dapat meminta atasan kamu menulis feedback di akun Linked.in atau meminta surat

5. Evaluasi Diri

Lakukan evaluasi diri dengan refleksi diri. Ingat kembali apa saja hard skill & soft skill yang sudah kamu pelajari selama program magang. Catat semua kemampuan yang sudah kamu capai, dan tentukan target kamu di masa depan. Hasil evaluasi diri dapat kamu catat di jurnal pribadi kamu dan dapat kamu jadikan bahan refleksi di masa depan. Misalnya setelah program magang kamu bisa menguasai suatu software atau kemampuan Public Speaking kamu meningkat. Cantumkan juga project-project yang telah berhasil kamu jalankan selama Magang.

Itulah lima hal yang harus segera dilakukan setelah program magang kamu selesai. Semoga dapat membantu kamu dalam menentukan arah karir dan pekerjaan impian di masa depan. Jangan lupa ikuti juga kelas-kelas Pengembangan Diri yang ada di Arkademi. Pelatihan tersebut dapat diikuti oleh Fresh Graduates, dan berguna bagi pengembangan karir kamu. Semoga kamu dapat meraih pekerjaan impian kamu.

2022-01-06

0 komentar untuk "Lakukan 5 Hal Ini Setelah Program Magang Kamu Berakhir"

Beri Komentar

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia