Otak kanan adalah penggerak tubuh bagian kiri

ISO Sebagai Pedoman Standar Perusahaan

ISO adalah standar yang penting bagi sebuah perusahaan untuk bersaing secara global. Simak apa saja fungsi dan manfaatnya bagi bisnis Anda berikut ini!

Anda mungkin pernah mendengar “Produk ini dibuat oleh perusahaan yang sudah terstandardisasi ISO” atau kalimat lain yang memuat kata-kata ISO. Apa sebenarnya ISO dan apa fungsi ISO untuk perusahaan?

ISO atau The International Organization for Standardization adalah organisasi global yang terdiri dan badan-badan pembuat standar. Berdiri pada tahun 1947, organisasi ini mengembangkan banyak sekali standar untuk produksi dan aktivitas. Tujuannya adalah agar semua produk yang diperdagangkan secara global memiliki standar yang sama.

 

Fungsi ISO bagi Sebuah Perusahaan

 

Semua bisnis yang ada di dunia dikelola dengan beragam metode demi bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk perusahaan, menggunakan standar ISO sangat penting agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas terpercaya seperti layaknya produk lain yang dihasilkan oleh perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO.

Mengapa penerapan ISO dalam perusahaan itu penting? Simak keuntungannya berikut ini!

 

1. Menentukan Kredibilitas Perusahaan

Dengan memiliki sertifikat ISO, sebuah perusahaan akan terdaftar secara resmi di lembaga sertifikasi. Selain akan diaudit secara berkala, perusahaan yang punya sertifikat ISO untuk menjalankan kegiatan operasionalnya juga akan dianggap lebih kredibel dan terpercaya dibanding perusahaan yang tidak memilikinya.

 

2. Memaksimalkan Kinerja Karyawan

Ketika perusahaan Anda memiliki standar khusus serta visi misi yang sejalan, semua komponen yang ada di dalamnya akan bekerja lebih efisien dan optimal. Inilah yang akan memicu karyawan menyesuaikan diri dengan standar yang ada. Dengan begitu secara keseluruhan, kinerja perusahaan dan produktivitasnya juga akan meningkat.

 

3. Meningkatkan Citra Perusahaan

Setiap jenis ISO yang dibuat oleh The International Organization for Standardization dirancang dengan berbagai pertimbangan. Tidak hanya efisien dan bermanfaat bagi kinerja perusahaan, ISO juga menjadi cara bagi perusahaan untuk menunjukkan bahwa mereka sudah bekerja sesuai dengan aturan. Citra disiplin ini akan sangat baik bagi semua perusahaan yang menerapkan standar ISO.

 

4. Membuka Pasar yang Lebih Luas

Manfaat ISO bagi perusahaan yang tidak kalah penting adalah terbukanya peluang pasar yang lebih besar. Saat ini, banyak pelanggan yang lebih suka mencari produsen yang sudah memiliki sertifikat ISO. Ini karena produk-produk yang dihasilkan umumnya sudah dipastikan kualitasnya. Secara langsung ini akan membuka kesempatan yang lebih besar bagi Anda untuk menjangkau calon konsumen, terutama yang berada di luar negeri.

 

5. Menghasilkan Produk dengan Kualitas Seragam

Ada banyak perusahaan yang melakukan aktivitas produksi pada sektor yang sama. Adanya ISO menghilangkan perbedaan persepsi antara perusahaan-perusahaan tersebut. Penggunaan ISO juga memungkinkan semua perusahaan yang ada menghasilkan produk yang sama meskipun proses pengerjaannya berbeda. Ini memungkinkan semua perusahaan bersaing dengan cara yang sehat dan adil.

 

6. Mencegah Pengeluaran yang Tidak Perlu

Masalah pada proses produksi adalah hal yang umum terjadi. Namun setiap perusahaan harus punya langkah antisipasi. Salah satu langkah yang akan mempermudah perusahaan untuk melakukannya adalah dengan memiliki standar tertentu seperti ISO. Dengan adanya standar, masalah pada produk bisa dihindari dan pengeluaran yang tidak seharusnya bisa dipangkas.

 

Itulah beberapa manfaat ISO bagi perusahaan. Anda bisa mengikuti kursus ISO untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai standardisasi ini. Kursus ISO Arkademi siap membantu perusahaan Anda menjadi bisnis yang mampu bersaing secara global.

2021-04-13

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia