Profesi di dunia digital banyak diminati generasi milenial

Fresh Graduate Wajib Punya Skill Ini Agar Sukses Membangun Karir

Fresh graduate atau seseorang yang baru saja menyelesaikan studinya di jenjang perkuliahan dan minim pengalaman bekerja. Agar sukses membangun karir di dunia kerja, fresh graduate dituntut memiliki skill. Apa saja skill yang dibutuhkan?

Buat Anda lulusan baru atau fresh graduate, jangan minder. Setelah lulus dari bangku kuliah merupakan langkah awal untuk memasuki dunia kerja. Mulai meniti karier dari ilmu yang sudah ditimba selama bertahun-tahun. Ilmu tersebut dipraktikkan dalam dunia kerja, sehingga Anda bisa mulai mengasah kemampuan dan keterampilan. Dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya. Anda harus betul-betul mandiri dari mulai melamar pekerjaan, seleksi, hingga akhirnya lolos dan bekerja di perusahaan yang dilamar. Percaya pada kemampuan sendiri dan terus belajar adalah kunci untuk menggapai kesuksesan dalam berkarier. Meskipun minim pengalaman, sebagai fresh graduate setidaknya harus menguasai beberapa skill supaya dapat menarik perhatian perusahaan. Lalu, kira-kira apa saja skill tersebut?

 

Pertama, Skill Komunikasi

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah memperdalam keterampilan komunikasi saat kuliah ketika mengikuti beragam organisasi di dalamnya. Skill ini harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Banyak perusahaan mencari kandidat karyawan yang pandai dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal. Untungnya, keterampilan ini dapat Anda pelajari secara autodidak sehingga Anda bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

 

Kedua, Skill Teamwork

Selain komunikasi, penting bagi Anda untuk menguasai keterampilan teamwork atau kerja sama tim. Membangun hubungan kerja yang positif dapat membantu semua orang dalam mencapai tujuan bisnis. Perusahaan juga mencari kandidat karyawan yang dapat bekerja secara fleksibel, baik bekerja secara mandiri ataupun secara tim. Tanpa adanya keterampilan kerja sama, sulit bagi Anda untuk mengikuti arus dunia kerja nantinya. Dengan begitu, pastikan bahwa Anda memiliki skill teamwork yang mumpuni.

 

Ketiga, Skill Problem Solving

Dalam dunia kerja, semua pekerja diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan baik tanpa menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keterampilan problem solving yang baik bagi seorang fresh graduate. Dengan memiliki kemampuan ini, saat melihat suatu masalah Anda dapat menyelesaikannya dari berbagai sudut. Hal tersebut tentu sangat disukai oleh perusahaan yang nantinya akan mempekerjakanmu.

 

Keempat, Skill Leadership

Leadership atau kepemimpinan juga merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh fresh graduate. Mungkin Anda memang tidak akan langsung diangkat jadi manajer saat pertama kali melamar kerja. Namun, penting untuk menunjukkan bahwa Anda mempunyai potensi dalam memotivasi rekan kerja tim agar tetap semangat. Tidak hanya itu, skill leadership juga berguna ketika Anda memutuskan tenggat waktu pekerjaan dengan baik.

 

Kelima, Skill Public Speaking

Apakah anda nyaman ketika sedang berbicara di depan umum? Jika tidak, sebaiknya Anda harus mengasahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam dunia kerja. Skill public speaking sangat penting untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate. Pasalnya, ketika sudah bekerja, Anda pasti akan berbicara di depan banyak orang, baik ketika rapat besar dengan perusahaan maupun rapat kecil dengan tim. Tidak hanya itu, Anda juga berpeluang untuk mempresentasikan sesuatu kepada klien atau perusahaan lainnya. Oleh karenanya, Anda bisa mengasahnya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas online mengenai public speaking ataupun cara lainnya.

 

Keenam, Skill Manajemen Waktu

Skill manajemen waktu juga penting untuk dimiliki oleh fresh graduate ketika hendak mencari kerja. Dalam bekerja, Anda akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang diterapkan. Biasanya, pekerjaan tersebut tidak hanya satu sehingga hal tersebut membuat Anda harus pintar dalam melakukan manajemen waktu.

 

Ketujuh, Skill Analisis

Sebagai fresh graduate, penting untuk memiliki keterampilan analisis yang baik. Kemampuan analisis dapat membuatmu bekerja dengan berbagai jenis informasi. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tren menarik yang sedang terjadi sekarang. Dengan kemampuan analisis yang baik, secara tidak langsung Anda ikut andil dalam membantu perkembangan perusahaan.

 

Terakhir, Skill Berpikir Kritis

Dalam dunia kerja, memiliki skill critical thinking atau berpikir kritis sangat penting. Sebab, akan ada suatu masa di mana Anda harus membuat keputusan secara logis di hadapan rekan kerja atau bahkan atasan Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengasah skill ini secara intens bagi fresh graduate.

Itulah beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang fresh graduate sebelum terjun ke dunia kerja. Jadi untuk Anda yang baru lulus atau sedang menempuh semester terakhir, sudah saatnya #WaktunyaUpSkill

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia