Salah Mendirikan Perusahaan dan Menyesal Selamanya

Mendirikan perusahaan atau perseroan bukan hal yang mudah, terutama dalam pengadministrasiannya. Diperlukan pengetahuan dan kemampuan khusus yang selama ini diajarkan secara terbatas. Sementara wawasan tentang administrasi pendirian perusahaan perlu disebarkan seluas-luasnya di saat kewirausahaan di negara kita tumbuh dengan pesat. Setiap wirausahawan atau founder perlu mendapatkan bantuan untuk memahami dasar-dasar dalam mendirikan perusahaan agar tidak salah langkah di awal dan merugi di belakang hari.

Banyak perusahaan Startup yang gagal di fase awal berdirinya. Mereka terlalu berfokus mencari keuntungan tanpa menguasai kerangka kerja perusahaan Startup. Mereka kurang memahami standar fundamental dari startup, contohnya membuat produk atau jasa yang dibutuhkan oleh pasar, membuat model bisnis yang sesuai pasar, dan memiliki tim yang tepat untuk menjalankan bisnis perusahaanya.

Kelas online ini mengajarkan kepada founder prinsip-prinsip dasar dan teknis administrasi dalam pendirian perseroan dan menjalankannya di awal perusahaan. Seperti apa itu saham, bagaimana cara membagi saham, hak dan kewajiban pemegang saham, menghitung modal dasar, pencatatan kekayaan perusahaan di pembukuan sehingga sinkron dengan akta, mekanisme membagi hasil usaha, berhubungan dengan pemodal dan co-founder, hingga cara mencari investor yang ideal. Ini adalah kelas teknis yang menjadi awal mula perjalanan Anda sebagai founder sebuah perusahaan — bukan hanya founder sebuah usaha. Untuk bergabung kelas ini, Anda dapat langsung mendaftar di Arkademi atau mendapatkan vouchernya di marketplace yang bekerja sama dengan Arkademi. Kelas ini dapat juga Anda ikuti dengan menggunakan Saldo Kartu Prakerja Anda.

TUJUAN UMUM PELATIHAN

Siswa dapat mengetahui dan mempraktekkan prinsip-prinsip dan teknis administrasi pendirian perusahaan, menjalankan sebuah perseroan, merancang dan mengelola pemodalan serta mekanisme distribusinya kepada para pemegang saham, menjalankan sebuah perseroan yang sehat dan harmonis bersama direksi, komisaris, pemegang saham, investor, dan karyawan melalui tata kelola modal dan kekayaan perusahaan.

TUJUAN KHUSUS PELATIHAN

  • Menjelaskan prinsip-prinsip perseroan.
  • Mencontohkan cara menghitung modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor.
  • Memperkirakan harga saham dan membagikan saham sesuai modal.
  • Memperkirakan Hak dan kewajiban para pemegang saham.
  • Mencontohkan cara menghitung intangible asset (aset tidak tampak) founder.
  • Memperkirakan saham untuk investor dan cara mencari investor.
  • Mencontohkan cara menghitung nilai usaha.

KELOMPOK SASARAN PELATIHAN

  • Founder atau pendiri usaha/wirausahawan
  • Founder startup (usaha rintisan)
  • Calon wirausahawan

PELUANG ATAS KOMPETENSI PELATIHAN

Pelatihan ini ditujukan kepada peserta yang akan memulai bisnis stratup, seperti karyawan, pelajar/mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya. Pelatihan ini berdasarkan regulasi perseroan yang ada di Indonesia.

Arkademi Kursus Online - Sertifikat Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Frame

SERTIFIKAT KELULUSAN

Pelatihan ini berstandar nasional. Siswa yang menyelesaikan seluruh materi pelatihan dan lulus pada post-test akan mendapatkan tanda kelulusan berupa sertifikat elektronik.

METODE AJAR

  • Self-paced Learning dengan Pre-Test pada setiap modul dan Post-Test pada akhir kelas untuk menguji pemahaman materi.
  • Video ajar berdurasi rata-rata 10 menit/video.
  • Slide materi PDF.

EVALUASI

Pre-test pada setiap modul dan post-test di akhir pelatihan. Dibutuhkan nilai minimal 60 untuk lulus pada pelatihan ini.

DURASI AKSES

Siswa mendapatkan akses masuk ke kelas selama 60 hari.

TENTANG PENGAJAR

Hilman Fajrian adalah founder dan CEO Arkademi (PT Arkademi Daya Indonesia). Seorang serial entrepreneur yang berpengalaman sejak usia 21 tahun dalam mendirikan dan menjalankan beberapa perusahaan rintisan yang melayani klien bertaraf nasional dan internasional. Hilman mengantongi 32 sertifikasi yang mayoritas dari lembaga pendidikan tinggi elit dunia seperti Wharton Business School, Ludwig-Maxmilians Munchen, Stanford University, University of British Columbia, University of California, IE Business School, Instituto de Empresa Business School Madrid, hingga Google Academy. Bidang yang dikuasainya adalah competitive strategy, entrepreneurship, business administration/strategy, game theory, leadership, innovation management, big data, komunikasi, jurnalistik, hingga digital marketing.

Kurikulum Kelas

A. MEMULAI USAHA
1. Pengertian Startup 00:07:00
Informasi Pelatihan Prakerja – Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham 00:00:01
2. Alasan Mendirikan Usaha 00:05:00
3. Mendirikan Usaha vs Mendirikan Perusahaan 00:08:00
4. Memilih Co-Founder 00:12:00
5. Tahapan Dalam Usaha 00:07:00
PRE-Test 1 Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
B. PERUSAHAAN DAN INVESTASI
6. Tujuan dan Prinsip Berperusahaan 00:05:00
7. Jenis Pemodalan 00:04:00
8. Konsep Kepemilikan Perusahaan dan Saham 00:10:00
9. Mengapa dan Kapan Perlu Investor 00:11:00
10. Keuntungan dari Investasi (Dividen dan Capital gain) 00:12:00
11. Lembah Kematian 00:03:00
PRE-Test 2 Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
C. MEMPERSIAPKAN PERUSAHAAN
12. Mempersiapkan Rencana Lanjutan Usaha 00:12:00
13. Tangible dan Intangible Asset 00:07:00
14. Menentukan Modal Awal dan Nilai Saham 00:08:00
15. Membagi Saham Antar Founder 00:06:00
16. Menentukan Saham yang Ditawarkan ke Investor 00:09:00
17. Mempersiapkan Proposal 00:13:00
PRE-Test 3 Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
D. MENDAPATKAN INVESTOR
18. Mencari dan Mendapatkan Investor 00:13:00
19. Investor Ideal 00:08:00
20. Mengamankan Founder lewat Klasifikasi Saham 00:14:00
21. Direksi dan Komisaris 00:10:00
22. Mencicil Modal 00:05:00
23. Mengesahkan Pendirian Perusahaan 00:03:00
24. Bukti Kepemilikan Saham 00:05:00
PRE-Test 4 Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
E. BERJALANNYA PERUSAHAAN
25. Apakah Founder, Direktur, atau CEO Digaji? 00:11:00
26. Transparansi Keuangan 00:10:00
27. Co-Founder Baru (Cliff Period) 00:10:00
28. Injeksi Modal 00:04:00
29. Mengalihkan Saham dan Capital Gain 00:09:00
30. Investor Menarik Modal 00:07:00
31. Membagi Sisa Hasil Usaha (Dividen) dan Laba Ditahan 00:14:00
PRE-Test 5 Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
F. INVESTASI LANJUTAN
32. Investasi Lanjutan: Kapan dan Mengapa 00:08:00
33. Menerbitkan dan Menentukan Harga Saham Baru 00:11:00
34. Agio Saham 00:10:00
35. Exit 00:05:00
PRE-Test 6 Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
G. TOPIK LANJUTAN
36. Perusahaan Tutup/Bubar 00:05:00
37. Saham untuk Karyawan (ESOP) 00:09:00
38. Valuasi Perusahaan 00:07:00
39. Gelembung 00:10:00
PRE-Test 7 Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
PENUTUP
POST TEST – Mendirikan Startup dan Cara Membagi Saham Tak Terbatas
Penutup dan Terima kasih 00:00:01
Pemesanan Sertifikat Cetak dari Arkademi (opsional) – Mendirikan Startup dan… 00:00:00

Ulasan Kelas

4.8

4.8
5249 Penilaian
  • 5 bintang2793
  • 4 bintang307
  • 3 bintang189
  • 2 bintang20
  • 1 bintang13
  1. 5

    18 bulan Sebelum mengikuti kelas ini, saya beserta 6 orang teman-teman saya telah mendirikan sebuah CV dan jujur saja itu semua terjadi bukan karena kami sedang ingin naik tingkat dari yang katanya disebut pengusaha atau pebisnis menjadi pengelola perusahaan. sama sekali bukan. kami hanya ingin menjalankan usaha dengan benar dan menghasilkan uang bersama.

    kami ke notaris kemudian bertanya apa saja syarat-syarat mendirikan CV maupun PT. kami putuskan mendirikan CV lalu melengkapi persyaratan lain-lainnya dan juga mengurus administrasi seperti NPWP, SIUP dan berbagai hal terkait CV ke kantor pemerintahan. Teman saya jadi direktur utama. saya komanditer aja posisinya.

    Nah, setelah itu, beberapa bulan berselang kami ber-6 mengunjungi Petinggi di PT. BSKP menemui Direkturnya. singkat cerita sampai akhirnya deal kontrak kerjasama untuk pengadaan karyawan sadap karet untuk divisi A. yaa tentu saja ini antara PT. BSKP dan CV milik orang 6 ini.

    yang kami lalui berikutnya mungkin indah dibayangkan tetapi proses menjalani sungguh tak semulus itu. saya tidak perlu ceritakan kelanjutannya disini. anda bisa cari saya di facebook kalau anda mau.

    “jadi, apa hubungannya cerita diatas ini dengan kelas MENDIRIKAN STARTUP DAN CARA MEMBAGI SAHAM ini?”

    bagi saya pribadi, jelas ada dan bahkan beberapa pelajaran yang disampaikan dikelas ini sudah saya alami sendiri dari kesalahan yang seharusnya tidak terjadi sekiranya saya belajar dikelas ini lebih cepat.

    misalnya kesalahan saya bersama teman-teman saya dalam memilih bentuk badan usaha, tidak faham bagaimana memilih co-founder yang tepat untuk usaha tadi, tidak faham dimana posisi kami ketika diletakan dalam tahapan menjalankan sebuah usaha hingga amburadulnya administrasi juga pembagian hasil usaha karena salah dibagian bagaimana mengelola keuangan perusahaan yang transparan dan akuntabel.

    saya rasa dengan mengikuti kelas ini dan menerapkan pelajaran yang disampaikan ke usaha kita maka setidaknya hal ini bukan hanya menghindarkan kita dari jebakan kesalahan fatal yg berakibat pada kerugian uang, modal atau materi hingga kerugian berupa perpecahan keluarga

    tetapi dengan mengikuti kelas ini juga akan sangat menghemat waktu, tenaga dan pikiran dalam meningkatkan kekayaan kita di waktu mendatang.

    Nah, dulu sebelum saya belajar dikelas ini, dalam hati saya berkata kira-kira kaya gini “saya berharap lewat kelas ini saya menemukan ilmu atau sesuatu sebagai obat yang mampu menyembuhkan luka babak belur karena menjalankan organisasi secara sok hebat tanpa ilmu agar kedepannya di proyek pengadaan security, driver dan CS di Bank BNI Syariah yg saya incer di kota banjarbaru bisa saya eksekusi bersama partner yg lebih baik dan ngerti gimana berjuang bersama menjalankan usaha”

    setelah ikut kelasnya maka kesimpulan saya berubah “kelas ini adalah sebuah The right shortcut untuk pengusaha pemula maupun pengusaha kelas berat yg sungguh-sungguh pengen memiliki pondasi yg kokoh dalam menjalankan organisasi atau mengelola perusahaan agar lebih menguntungkan secara baik dan benar. bisa jadi saya ketemu peserta lain yang mau join dengan saya ini untuk jadi co-founder bisnisnya atau sebaliknya saya mungkin yang akan menemukan co-founder usaha saya dari kelas ini.”

    Who knows? iya kan?

    Salam,
    Khairun Nasir

  2. 5

    Kelas yg sangat memuaskan, dibawakan secara sederhana dan ‘to the point’ sehingga mudah dipahami. terimakasih pak hilman dan arkademi ?

  3. 5

    materi yang disampaikan sederhana dan mudah di pahami. sukses selalu Pak Hilman Fajrian dan Arkademi.

  4. 5

    Penyampaian yang simple, clear, disertai contoh membuat materi lebih mudah dicerna. Bahkan bagi mereka yang harus banyak mengerjakan hal-hal lain (pekerjaan), materi ini selalu menarik untuk “dijadwalkan” diikuti kembali. Saya sendiri praktisi bisnis, yang berangkat dari latar belakang bukan management atau ekonomi, bisa dengan mudah mendapatkan teori-teori dan penerapannya. Sangat membantu!

  5. 5

    Terimakasih arkademi semoga saya bisa menerapkannya pada usaha saya. Untuk hal-hal yang belum dijelaskan dalam kelas ini namun sebenarnya terkait, semoga bisa saya tanyakan kepada mentor dalam grup facebook, dan semoga mendapatkan respon yang baik.

  6. 1 2 3 4 5 1,053

Bagikan :

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia