Memulai Usaha Sukses Tidak Harus Modal Besar, Apalagi Berutang

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa untuk memulai usaha yang sukses diperlukan modal — dalam hal ini uang — dalam jumlah besar. Uang kerap dihubungkan secara langsung dengan suksesnya sebuah usaha, bahkan ketika usaha itu belum dimulai. Karena anggapan itu begitu umum, maka sangat banyak orang menunggu memiliki modal besar terlebih dulu untuk memulai usahanya. Baik itu dari uang sendiri, keluarga, pinjaman, kredit bank, atau investor.

Padahal kita bisa memulai usaha yang sangat mungkin bisa sukses dengan modal sendiri yang jumlahnya tidak besar. Kita perlu mengetahui metode yang tepat dan bisa bertumbuh secara sehat dengan keterbatasan modal. Memulai usaha kecil harusnya seperti menanam bibit, bukan pohon.

Kelas ini mengajarkan cara memulai usaha dari kecil dengan modal sendiri yang jumlahnya terbatas atau bootstrap. Dibawakan dalam bentuk jalan cerita dan mengalir. Hanya perlu 10 menit, anda akan belajar dasar-dasar bootstrap. Anda juga akan dihadapkan pada banyak pertanyaan yang menghadapkan anda pada skenario dunia nyata dan pemecahan masalah dalam hal memulai usaha secara bootstrap.

Selamat mengikuti kelas!


Tekan tombol ‘GABUNG KELAS’ untuk bergabung menjadi siswa kelas ini.

Kurikulum Kelas

Memulai Usaha Secara Bootstrap
Bootstrap 00:10:00
Kuis Bootstrap Tak Terbatas
Penutup Bootstrap 00:01:00

Ulasan Kelas

5

5
19 Penilaian
  • 5 bintang19
  • 4 bintang0
  • 3 bintang0
  • 2 bintang0
  • 1 bintang0
  1. Cara Belajar Kewirausahaan Paling Asyik

    5

    Benar-benar pengalaman belajar yang sangat mengasyikkan. Hanya dalam waktu tak lebih dari 15 menit, tidak terasa, otak saya diisi dengan ide-ide segar nan meluruskan pemahaman tentang dasar-dasar membuka usaha. Terima kasih Pak Hilman Fajrian.
    Secara keseluruhan, kelas Memulai Usaha dari Kecil dengan Modal Sendiri ini seharusnya dibaca oleh semua “calon” pengusaha.

  2. Memperbaiki Mindset Dalam Memulai Usaha

    5

    Kelas Bootstrap ini mengajarkan kembali mindset yang tepat dalam memulai usaha kecil dengan modal sendiri. Bukan terpaku dengan modal kapital (uang), namun membuka cakrawala pikiran bahwa modal sebenarnya adalah diri sendiri dan sesama. Kemampuan dan keahlian, disertai kerjasama yang bagus, dapat membuat usaha kecil terus bertumbuh. Sekalipun melewati fase up-down, namun asalkan konsisten dan pandai melihat peluang, maka pasti bisa terus berkembang.

  3. Materi Cukup Singkat Namun Basic Banget

    5

    Ini materi bagus banget, baru tau kalau ada istilah boostrap dalam kewirausahaan. Isi sangat basic dan penting sekali difahami terlebih dipraktekkan oleh para pengusaha baik pemula, bahkan yang sudah berpengalanpun kebanyakkannya juga akan menggunakan konsep ini.

    Saya banyak membaca kisah-kisah jaman Nabi Muhammad dan Para Sahabatnya kaitannya dalam berwirausaha, ini cocok sekali dengan apa yang Beliau dan para Sahabat beliau ajarkan, contohnya saja kisah yang mashur tentang Abdurrahman bin Auf yang tidak mau diberikan cuma-cuma harta dan kebun dari sahabat Anshar, melainkan beliau hanya meminta ditunjukkan dimana pasar saja. Padahal beliau pada waktu itu tidak memiliki harta apapun. Dan tak perlu waktu lama beliau kembali menjadi hartawan lagi di Madinah.

    Contoh lain terkait Boostrap yang langsung diajarkan oleh Nabi:

    “Seorang laki-laki dari kalangan Anshar mendatangi Rasulullah untuk meminta sesuatu kepadanya. Nabi bertanya kepadanya: “Apakah di rumahmu ada sesuatu?” Ia menjawab: “Ya, ada beberapa stel pakaian. Sebagian kami pakai (dan) sebagian lagi kami bentangkan sebagai alas, dan gelas tempat menuang air minum.” Nabi berkata: “Bawalah kemari kedua barang itu,” maka ia pun membawa keduanya. Rasulullah mengambil kedua barang itu seraya berseru: “Siapakah yang sudi membeli kedua barang ini?” Seorang lelaki berkata: “Aku berani membelinya satu dirham!” Nabi menawarkan lagi: “Siapa yang berani lebih dari itu!” Beliau ucapkan dua atau tiga kali. Seorang lelaki lain berseru: “Aku berani membelinya seharga dua dirham.”

    Beliau pun menjual barang itu kepadanya dan memberikan dua dirham tadi kepada lelaki Anshar itu. Rasulullah berkata kepadanya: “Belilah makanan seharga satu dirham dengan uang itu, dan berikanlah kepada keluargamu. Dan sisanya belilah sebuah kapak dengan satu dirham, dan bawa kapak itu kepadaku!”

    Ia pun melakukan perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian Rasulullah membelah kayu dengan kapak itu, kemudian berkata kepadanya: “Pergilah dan carilah kayu bakar, lalu juallah. Jangan kembali ke hadapanku kecuali setelah lima belas hari.”

    Lelaki Anshar itu pun berangkat mencari kayu bakar lalu menjualnya. Kemudian ia datang lagi kepada Rasulullah dengan membawa sepuluh dirham. Sebagian hasilnya ia belikan baju dan sebagian lagi ia belikan makanan. Rasulullah bersabda kepadanya : “Usaha itu lebih baik bagimu daripada engkau datang dengan noda hitam di wajahmu pada hari Kiamat disebabkan meminta-minta. Meminta-minta hanya boleh bagi tiga macam orang. (Yaitu): orang yang sangat fakir, orang yang terkena denda yang sangat berat, atau orang yang dibebani diyat (tebusan) yang menyulitkan.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

    MasyaAllah Nabi Kita juga mengajarkan “Boostrap” dalam berwirausaha! (Mohon maaf jika terlalu panjang)

    @fuadbpp

  4. Materi Yang RINGAN tapi KENA

    5

    Saya mengikuti kelas ini pada jam 2 malam, yang harusnya otak sudah mulai ‘lemot’ tapi materi yang dibawakan pak Hilman ini termasuk berat tapi mudah dicerna.

  5. Inspiratif

    5

    Selain edukatif, pelajaran ini menginspirasi untuk step membangun usaha lebih baik.

  6. Singkat tapi Mencerahkan

    5

    isi course sangat singkat tapi didukung dengan konten pembelajaran yang interaktif. kita lebih diajak untuk berfikir memahami materi. sangat membantu apalagi jika ingin membuka usaha dengan modal minim

  7. Simpel dan jelas

    5

    Saya sangat berterima kasih kepada pak Hilman,saya jadi yakin nanti pulang kekampung mau memulai usaha sendiri sekarang,karena dari dulu saya selalu ragu walaupun banyak teman kompasianer yang menyuruhku memulai usaha sendiri. Insya Allah saya akan terus belajar disini.

    Salam

  8. Simpel tapi Luar Biasa Materinya

    5

    Terima kasih Coach Hilman. Materinya sangat mudah dipahami. Kuisnya jg lumayan untuk mengasah pemahaman.

  9. Mencerahkan!!

    5

    Luar biasa materinya. Alhamdulillah saya mendapat semangat untuk action setelah mempelajari materi Memulai Usaha dari Kecil dengan modal sendiri. Terima kasih Guru Hilman Fajrian 🙂

  10. 5

    Sangat bagus penjelasannya, seperti usaha yang saya jalankan saat ini, memulai dari modal yang kecil, meminimalisir dana yg terbatas hingga sekarang akan Melangkah ketahap berikutnya yang membutuhkan tenaga, pikiran dan modal yang lumayan besar. Semoga dengan bergabung disini saya bs bertumbuh dan bermanfaat.

  11. Sangat penting utk pondasi bisnis pengusaha

    5

    Sangat bermanfaat… terimakasih sekali atas ilmunya. Metodenya juga fun dan interaktif. Singkat padat jelas

  12. Kelasnya mudah dipahami dan ilustrasinya menarik

    5

    menurut saya kelasnya enak,karena dirangkum singkat,jadi saya tak perlu kayak baca buku ber bab bab keren.semoga arkademi makin sukses ke depan

  13. Cocok Untuk Pemula

    5

    Materi yang disampaikan sangat ringan dan cocok untuk siapa saja yang ingin memulai menjadi wirausahawan agar tidak salah langkah di awal jejak.

  14. Belajar wirausaha dari nol

    5

    ulasan yang diberikan sangat sederhana namun mengena sekali. Terima kasih

  15. Excellent

    5

    Mendapat wawasan baru untuk memulai usaha dengan modal yg minim, sangat membantu sekali. Terimakasih mas Hilman

  16. MEMULAI USAHA DARI KECIL DENGAN MODAL SENDIRI

    5

    Sangat Inspiratif dan merangsang naluri entrepreneur kita. Semoga kedepan bisa terbuka kesempatan bersinergi diantara peserta ataupun dengan Mentor & Team.

  17. Lebih ter-KONSEP

    5

    Ide dan semangat bisnis saja tidak cukup. Kita harus tau tahapan prosesnya dalam mewujudkan ide dan semangat bisnis itu. Dan di kelas ini dijelaskan lebih bertahap apa yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan semangat bisnis kita tersebut. Trims Coach!

GABUNG KE KELAS
  • GRATIS
  • TAK TERBATAS
  • Jumlah Seri2
  • Jumlah Kuis1
  • Lencana Kelas
  • Sertifikat Kelas
603 SISWA KELAS
© 2017-2018 PT Arkademi Daya Indonesia