Cara Mudah Ubah Nomor Telepon Prakerja

Baru ubah nomor telepon atau tidak lagi bisa menggunakannya? Ikuti panduan sederhana ini untuk mengubah nomor dan menggunakan akun Prakerja Anda

Selain alamat email dan NIK, nomor ponsel atau telepon adalah identitas penting bagi pemegang akun Prakerja. Hal ini karena nomor ponsel terhubung ke e-wallet pada akun peserta. Jika Anda perlu ubah nomor karena suatu hal, pastikan mengikuti prosedur resminya agar tetap lancar menggunakan akun Prakerja.

Cara Mengubah Nomor Telepon Aktif

Jika Anda punya nomor telepon aktif yang tersambung ke e-wallet, Anda harus memutuskannya dulu sebelum memutuskan mengubah nomor telepon Prakerja. Jika tidak, Anda tidak akan bisa menggunakan nomor baru untuk bertransaksi. Caranya, Anda bisa masuk ke Dashboard Prakerja, lalu lanjut ke “Rekening” dan pilih “Atur.” Pilih “Putuskan Rekening” untuk memutus e-wallet.

Setelah e-wallet terputus, Anda bisa mengubah nomor ponsel dengan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun Prakerja seperti biasa.
  2. Pilih “Profil” pada Dashboard Prakerja.
  3. Temukan “Nomor Telepon” pada profil Anda, lalu klik “Ubah.”
  4. Masukkan nomor telepon baru dan pastikan angka-angkanya benar sebelum memilih “Lanjut.”
  5. Tunggu kode OTP dikirimkan lewat SMS ke nomor baru.
  6. Masukkan kode OTP sesuai instruksi dan klik “Verifikasi.”

Setelah melakukan verifikasi, nomor telepon baru Anda akan tercatat di akun. Ingat, kode OTP hanya berlaku sekali dan tidak boleh dibocorkan ke orang lain. Jika kode OTP gagal terkirim, Anda bisa mengulang langkah-langkah tersebut.

 

Solusi Nomor Telepon Tidak Aktif

Pemilik akun Prakerja tidak bisa mengubah nomor telepon enam bulan setelah mendaftar untuk pertama kalinya. Akan tetapi, bagaimana jika nomor telepon Anda tidak aktif atau diblokir karena suatu alasan sebelum enam bulan? Bagaimana cara menggantinya agar peserta tetap bisa menggunakan fungsi e-wallet?

 

Solusi ubah nomor untuk kasus semacam ini adalah langsung menghubungi pihak Prakerja. Ada beberapa cara untuk melakukannya, yaitu:

1. Email

Kirimkan pertanyaan Anda ke info@prakerja.go.id. Pastikan judul dan badan email menjelaskan masalah sedetail mungkin, misalnya menulis “Cara Ubah Nomor Telepon” di subjek email.

2. Telepon Pusat Bantuan

Nomor telepon pusat bantuan Prakerja adalah 0800-1503-001. Anda bisa menghubungi nomor ini untuk respons cepat. Staf akan menjawab setiap hari dari pukul 8.00 hingga 20.00 WIB.

3. Ngobrol Langsung

Ingin dilayani langsung lewat obrolan? Layanan live chat Prakerja bisa Anda akses langsung di tautan di bagian bawah halaman situs.

 

Apa yang Harus Dilakukan setelah Ganti Nomor?

Jika Anda sudah membereskan masalah ganti nomor telepon, pastikan untuk menyambungkan kembali nomor tersebut dengan e-wallet agar transaksi lebih mudah. Berikut beberapa langkahnya.

 

1. Pastikan Identitas Akurat

Sebelum kembali menyambungkan nomor telepon, periksa kembali semua identitas seperti nama, alamat email, dan NIK. Identitas pada e-wallet harus sesuai dengan informasi yang terdaftar.

2. Pastikan Akun E-wallet Aktif

Akun e-wallet Anda harus aktif sebelum disambungkan dengan akun Prakerja. Karena Anda mengubah nomor telepon, akun e-wallet tersebut harus menggunakan nomor telepon yang baru. Akun tersebut juga harus merupakan versi upgrade (sudah diverifikasi dengan foto dan KTP, misalnya).

3. Masuk ke Dashboard

Lakukan login ke akun Prakerja seperti biasa, dan masuk ke Dashboard. Pilih “Rekening” lalu klik “Sambungkan Rekening.”

4. Sambungkan Akun

Pilih layanan e-wallet yang telah resmi Anda gunakan. Jangan lupa isikan rekening bank yang akurat. Masukkan nomor telepon baru yang sudah Anda ganti dan gunakan di akun e-wallet.

5. Lakukan Konfirmasi

Klik “Konfirmasi” atau “Aktifkan” dan tunggu hingga kode OTP dikirim ke ponsel. Gunakan kode tersebut untuk masuk ke akun. Kode hanya bisa digunakan satu kali.

Mengganti nomor telepon adalah hal biasa, tetapi pastikan Anda tahu cara ubah nomor sesuai prosedur jika ingin tetap menggunakan akun Prakerja.

2021-04-12
© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia