Di Indonesia ada 365 bahasa berbeda yang diucapkan sehari-hari

Cara Mengisi Rating dan Ulasan di Dashboard Prakerja 2021

Mengisi rating dan ulasan Prakerja kini bisa Anda lakukan langsung di dashboard Prakerja. Ikuti panduan mudah terkait pengisiannya berikut ini

Apakah Anda mengikuti kelas Prakerja? Jika ya, sejak tanggal 18 Maret 2020, Anda tidak lagi mengisi rating di platform digital, tetapi langsung di dashboard Prakerja. Hal ini bertujuan memberi akses langsung dalam proses pemberian informasi dan penerimaan data, tidak lagi melalui pihak ketiga. Berikut hal-hal penting yang harus Anda ketahui.

Langkah Mengisi Rating dan Ulasan

Anda hanya bisa mengisi rating dan ulasan jika sudah menyelesaikan semua kelas hingga lulus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

 

1. Konfirmasi dari Pemberi Sertifikat

Peserta yang sudah lulus hanya bisa memberi rating setelah sertifikat elektroniknya muncul di dashboard. Setelah itu, peserta akan menerima email notifikasi untuk pengisian rating dan ulasan. Tanpa email notifikasi, Anda tidak bisa mengisi ulasan dan rating.

2. Login

Lakukan login ke akun Prakerja Anda di situs resminya. Kunjungi alamat prakerja.go.id.

3. Temukan Halaman Pelatihan

Setelah login, temukan halaman “Pelatihan Saya.” Isi ulasan lewat tombol “Tulis Ulasan” di sebelah kanan. Berikan ulasan serta rating Anda selengkap mungkin. Bagian ini tidak boleh kosong. Jika pengisian ulasan dan rating sudah selesai, Anda akan melihat ulasan serta bintang peringkat tampil di layar. Ini berarti proses pengisian sukses.

 

Bagaimana Jika Sertifikat Belum Muncul?

 

Jika sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja, peserta tidak bisa mengisi rating dan ulasan serta menyelesaikan kelas. Akan tetapi, mungkin ada saat di mana Anda frustrasi menunggu sertifikat elektronik yang tidak juga muncul di dashboard. Jika sertifikat belum muncul, kelas Anda masih berstatus “Aktif” dan pelatihan belum dinyatakan selesai.

Menurut situs resmi Prakerja, proses sertifikasi bisa memakan waktu maksimal hingga 7 x 24 jam. Hal ini karena adanya langkah-langkah panjang dalam proses sinkronisasi data pekerja dengan pelatihan yang telah diikuti. Waktu penantian antar peserta bisa berbeda; ada yang baru menerima sertifikat seminggu setelah pelatihan selesai, dan ada juga yang menerimanya dalam waktu beberapa hari.

Peserta bisa membantu mempercepat prosesnya dengan memastikan bahwa semua data seperti nama, nomor telepon, dan alamat email telah dimasukkan secara akurat serta identik. Hal ini akan membantu petugas dalam proses verifikasi dan pencocokan yang lebih cepat.

 

Solusi Lanjutan untuk Masalah dalam Pengisian Rating

 

Bagaimana jika sertifikat Anda tidak muncul setelah lebih dari 7 x 24 jam? Hubungi Layanan Aduan Kartu Prakerja. Pihak manajemen Kartu Prakerja kini telah meningkatkan sistem layanan aduan sehingga bisa melayani peserta dengan lebih efektif. Berikut beberapa kanal aduan untuk Anda akses terkait masalah penerimaan sertifikat dan pengisian ulasan serta rating:

 

1.      Telepon

Pusat panggilan (call center) Kartu Prakerja adalah 0800-150-3001. Setelah melakukan panggilan, peserta akan diarahkan oleh mesin penjawab untuk memilih antara pertanyaan spesifik atau informasi umum. Anda juga bisa meminta untuk bicara langsung dengan petugas jika ada masalah.

2.      Email

Kirimkan email pertanyaan atau keluhan Anda ke alamat info@prakerja.go.id. Pastikan mengikuti syarat pengiriman email seperti menuliskan masalah yang dihadapi di judul email serta menyertakan nama lengkap dan nomor telepon Anda di badan email. Pastikan informasi tersebut sama dengan yang Anda masukkan ketika mendaftar kelas Prakerja.

3.      Live Chat

Ingin bicara langsung dengan petugas lewat percakapan teks? Kunjungi situs resmi program Prakerja dan pergi ke bagian bawah halaman. Anda akan menemukan tautan Live Chat di bawah judul “Layanan Contact Center Prakerja.”

Mengisi rating dan ulasan Prakerja kini tidak perlu melalui platform digital. Cukup kunjungi dashboard Prakerja dan lakukan pengisian secara mudah setelah Anda mendapat sertifikat.

2021-04-12

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia