Manusia hanya menggunakan 10% dari kemampuan otaknya hanyalah mitos

Lupa Password dan Email Prakerja? Begini Cara Mengatasinya

Lupa password dan email pekerja? Beberapa langkah mudah di bawah ini akan membantu menangani masalah dalam masuk ke akun akibat password dan email

Email dan password adalah info penting untuk setiap peserta pelatihan Prakerja. Anda membutuhkannya untuk masuk ke dashboard Prakerja dan ikut pelatihan. Akan tetapi, bagaimana jika Anda lupa password dan email Prakerja? Ikuti panduan ini agar Anda bisa segera masuk lagi ke akun.

 

Solusi Lupa Password

Lupa password adalah salah satu problem paling umum bagi pemilik akun daring, termasuk Prakerja. Untungnya, situs Prakerja menyediakan solusi praktis yang bisa langsung Anda coba. Inilah langkah-langkahnya:

 

  1. Klik kalimat “Lupa Password” berukuran kecil di kanan bawah kotak pengisian email dan password.
  2. Ketik alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar akun Prakerja di halaman “Lupa Password” yang muncul berikutnya. Klik “Kirim.”
  3. Tunggu email dari situs Prakerja. Jika email tidak juga muncul di Kotak Masuk, cek folder Spam.
  4. Buka email dan klik tautan verifikasi akun.
  5. Tulis password baru di halaman yang muncul setelahnya.
  6. Klik tautan “Atur Ulang” dan cobalah masuk lagi dengan password

 

Selain alamat email, Anda bisa menggunakan NIK atau nomor ponsel untuk mendapat permintaan verifikasi dan pembuatan password baru. Setelah proses ini, password lama Anda tidak lagi berlaku. Jangan lupa mencatat password baru agar tidak perlu mengulangi langkah-langkah tersebut.

 

Solusi Lupa Email Prakerja

Bagaimana jika yang Anda lupakan adalah alamat email?

 

Solusi lupa email Prakerja sedikit lebih rumit karena ini berkaitan dengan akses utama ke akun Prakerja pribadi. Solusi yang lebih “langsung” adalah membuat alamat email dan akun baru, tetapi hal ini cenderung drastis, terutama jika Anda sudah memiliki akun tersebut cukup lama dan mengikuti beberapa kelas. Jika membuat akun baru, Anda tentu harus mengulang semuanya.

 

Jika tidak ingin membuat akun baru karena kehilangan email, Anda harus langsung menghubungi pusat informasi Prakerja di alamat info@prakerja.go.id. Pastikan menulis permasalahan dengan jelas di judul (misalnya mengetikkan “Lupa Alamat Email”) serta penjelasan lebih lanjut di badan email. Jangan lupa cantumkan nomor telepon dan NIK yang terdaftar di akun Prakerja Anda.

 

Cara lainnya adalah mengirim hasil scan dari Surat Pernyataan Prakerja plus materai. Surat Pernyataan ini sebenarnya ditujukan untuk peserta yang gagal hingga tiga kali. Akan tetapi, Anda bisa menggunakannya untuk memecahkan masalah email dengan lebih cepat. Tautan menuju Surat Pernyataan yang bisa dicetak tersedia di bagian bawah situs Prakerja, dekat dengan daftar kontak.

 

Bagaimana Jika Email Verifikasi Tidak Muncul?

Ketika mendaftar perdana atau kesekian kalinya, terutama setelah memutuskan membiarkan alamat email terakhir musnah, Anda harus mengikuti prosedur dari awal. Salah satunya adalah mendaftarkan email baru. Selain berhati-hati dalam memasukkan alamat email agar akurat, Anda juga harus mencatat atau merekamnya.

Akan tetapi, bagaimana jika email untuk verifikasi alamat email baru tidak juga muncul walau Anda sudah menunggu lama? Inilah beberapa solusinya:

 

1. Cek Cara Penulisan dan Kelengkapan Alamat Email

Karena Anda baru membuat email baru setelah yang lama hilang, ada risiko melakukan kesalahan penulisan walau hanya satu huruf. Pastikan setiap huruf dan informasi yang dimasukkan akurat.

 

2. Periksa Folder Spam

Email seperti permintaan verifikasi sering masuk ke folder Spam. Jika Anda tidak segera menerima email, coba periksa folder Spam, siapa tahu yang Anda tunggu masuk ke sana.

 

3. Periksa “Timbunan” Email

Jika Anda menggunakan satu alamat email untuk semuanya, email verifikasi bisa jadi terkubur di antara email lain yang masuk pada saat hampir bersamaan.

 

Lupa password dan email Prakerja bukan sesuatu yang menguntungkan. Akan tetapi, ada berbagai cara yang bisa Anda coba ketika sudah putus asa.

2021-04-12

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia