Mudah! Begini Cara Daftar Prakerja 2021 Agar Cepat Lolos

Mau daftar Prakerja? Sudah tahu apa saja syarat dan ketentuannya? Yuk, cek cara daftar Prakerja 2021 termudah dan cepat lolos di sini!

Tahukah Anda bahwa cara daftar Prakerja di tahun 2021 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya? Selain durasi pendaftaran yang lebih singkat, terdapat beberapa syarat tambahan yang harus diperhatikan. Banyak dari peserta calon penerima kartu Prakerja yang gagal lolos disebabkan oleh kurang telitinya dalam mengisi ataupun melengkapi data administrasi. Jadi sebelum mendaftar pastikan semua syarat yang ditentukan sudah benar dan terisi dengan baik. Maka dari itu cek, apa saja yang perlu diperhatikan ketika mengisi data Prakerja.

Syarat Daftar Prakerja

Adapun sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi pendaftar Kartu Prakerja 2021, antara lain sebagai berikut.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia.
  • Usia 18 tahun ke atas yang baru lulus, tengah mencari kerja, pekerja, buruh, atau karyawan, korban PHK, dan wirausaha.
  • Tidak sedang berkuliah atau mengikuti pendidikan formal.
  • Bukan anggota TNI, Polri, DPR, DPRD, BUMN, BUMD, ASN, dan lainnya.
  • Pendaftar tidak tercatat sebagai penerima bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (DTKS), BPUM, dan BSU.
  • Satu nomor Kartu Keluarga (KK) dibatasi dua orang penerima.
  • Pendaftar yang telah menerima Kartu Prakerja di tahun sebelumnya, tidak diperkenankan mendaftar lagi.

Lolos Prakerja? Ini yang Akan Anda Dapatkan!

Pendaftar yang lolos Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp3.550.000,00 dengan rincian Rp1.000.000,00 untuk pelatihan, Rp600.000,00 akan dicairkan melalui rekening selama empat bulan, dan Rp150.000,00 setelah mengisi survei.

Mau Lolos Prakerja? Simak Dulu Cara Daftar Prakerja 2021!

Bagi Anda yang hendak mendaftar Prakerja, pastikan masuk ke halaman prakerja.go.id kemudian isi data yang diperlukan kemudian aktivasi akun. Setelahnya, Anda akan diminta melakukan verifikasi dan menyelesaikan tes motivasi.

Kendati cara daftar Prakerja tampak sepele, faktanya banyak pendaftar yang mengeluh kesulitan. Bahkan, banyak di antaranya gagal berulang kali. Jika Anda mengalami hal serupa, maka cara di bawah ini akan membantu Anda lolos Prakerja 2021 dengan mudah.

Kontak Aktif

Sebelum mendaftar, pastikan nomor ponsel dan email yang digunakan aktif. Keduanya diperlukan untuk verifikasi kode One Time Password (OTP). Sangat dianjurkan membuat akun Prakerja menggunakan email profesional dengan nama Anda, tanpa penambahan kata tak lazim. Cara sederhana ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar serius mendapatkan kartu Prakerja. Jangan sampai ketika mendaftar kartu Prakerja dengan kontak yang tidak aktif ataupun sulit dihubungi.

Data Sesuai

Banyak pendaftar gagal lolos karena data yang diinput tidak sesuai. Untuk meminimalisasi kesalahan tersebut, cek kembali informasi yang telah Anda isi. Mulai dari nomor ponsel, alamat email (cek tanda dan simbol), Nomor Induk Kependudukan (NIK), hingga Kartu Keluarga (KK).Selain itu, cek ulang syarat file yang diunggah. Apakah foto KTP sudah jelas dan sesuai persyaratan?

Jika terjadi ketidaksesuaian antara NIK dengan KK, maka Anda bisa mendatangi kantor Dukcapil terdekat atau hubungi Call Center di nomor 1500-538.

Kerjakan Tes Sebaik Mungkin

Mengerjakan tes sebaik mungkin menjadi salah satu kunci sukses lolos Prakerja. Pasalnya, tes dilakukan untuk menilai tingkat kelayakan seseorang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Oleh karena itu, hindari menjawab soal secara asal.

Daftar di Malam Hari

Kendati website Prakerja aktif selama dua puluh empat jam, Anda dianjurkan untuk mendaftar di malam hari. Di waktu ini, angka kunjungan cenderung rendah sehingga risiko penumpukan pengunjung yang menyebabkan website down atau pendaftaran gagal bisa dihindari.

Pantau Media Sosial Prakerja

Demi meningkatkan peluang lolos Prakerja, pastikan untuk memantau media sosial @prakerja.go.id. Melalui akun ini, Anda akan mendapatkan informasi terbaru mengenai pembukaan gelombang baru. Dengan begitu, Anda tak akan ketinggalan gelombang dan bisa segera mendaftar.

Koneksi Internet Harus Lancar

Pastikan koneksi internet Anda lancar. Hal ini secara tidak langsung dapat memperbesar peluang Anda lolos Prakerja. Tanpa koneksi yang memadai, seluruh proses dari pembuatan akun, aktivasi, verifikasi email, hingga kemampuan dasar dan tes motivasi akan sulit diselesaikan dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai cara daftar Prakerja 2021 yang dapat dicoba. Terapkan seluruh cara di atas untuk memudahkan Anda lolos Prakerja. Cek daftar kursus Prakerja dari Arkademi dan gunakan saldo Kartu Prakerja kamu untuk membeli pelatihan kurus Prakerja Arkademi Disini. Selamat mencoba!

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia