Kecerdasan otak dapat ditingkatkan dengan belajar alat musik

7 Keahlian Yang Harus Dimiliki Tour Leader Profesional

Negara Indonesia menjadi salah satu pusat destinasi wisata dunia yang terkenal. Pesona Indonesia sudah terkenal di level mancanegara. Industri Pariwisata Indonesia memberikan devisa bagi pertumbuhan ekonomi. Hal ini menjadi peluang besar bagi kebutuhan profesi pemimpin tour atau Tour Leader. Seorang Tour Guide yang kompeten harus memiliki lisensi, agar bisa diakui. Namun selain itu, diperlukan juga keahlian yang dapat menunjang kinerja sebagai Tour Leader profesional. Inilah rangkuman keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Tour Leader yang handal.

 

1. Multibahasa

 

Tour leader biasanya akan melakukan perjalanan mancanegara. Hal yang sangat wajar bila kamu harus menguasai bahasa asing, minimal bahasa inggris. Akan lebih baik lagi jika kamu menguasai bahasa lain selain bahasa inggris.  Kemampuan bahasa merupakan hal utama yang wajib dimiliki oleh seorang Tour Leader. Kamu akan bersinggungan dengan banyak orang asing saat menjadi memimpin tamu wisatawan. Jangan sampai kamu tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa asing dengan lancar.

 

2. Public Speaking

 

Skill public speaking adalah hal paling dasar yang harus dimiliki seorang Tour leader. Tidak hanya berbicara, tapi kamu harus berkomunikasi dengan baik dan benar. Karena tugas utama Tour Leader adalah memandu para wisatawan. Kamu dituntut untuk percaya diri berbicara di hadapan grup wisatawan. Selain itu juga harus mampu menjelaskan informasi destinasi wisata di hadapan grup wisatawan yang kamu dampingi. 

 

3. Time Keeper

 

Kemampuan mengatur waktu tentunya menjadi syarat penting dalam menggeluti profesi sebagai Tour Leader. Saat melakukan perjalanan ke destinasi wisata, Tour Leader akan menjadi pengatur waktu dan memastikan semua kegiatan perjalanan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Bila kamu lalai dan terlambat dari jadwal perjalanan yang seharusnya, maka akan berakibat pada fatal bagi berlangsungnya perjalanan wisata.

 

4. Fotografi

 

Saat mengunjungi destinasi wisata, tentunya para wisatawan ingin mengabadikan momen berharga mereka. Kamu akan sering diminta untuk membantu para tim wisatawan dalam mengambil foto atau mengabadikan moment perjalanan mereka. Setidaknya kamu memiliki kemampuan dasar fotografi. Jika hasil foto kamu terlihat bagus dan indah, maka akan meningkatkan kepuasan para wisatawan.

 

5. Berwawasan Luas

 

Saat mendampingi tamu wisatawan, akan ada beberapa wisatawan yang menanyakan hal-hal umum kepada kamu. Ini akan menjadi tantangan bagi seorang Tour Leader. Kamu harus berwawasan luas, dan mengetahui isu-isu terbaru. Misalnya pengetahuan tentang budaya dan sosial dari suatu negara. Sehingga kamu bisa menginformasikan kepada para tamu tentang hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

 

6. Teamwork

 

Kerjasama tim adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh pekerja di bidang apapun. Dalam profesi Tour Leader, kamu harus membiasakan diri untuk kerja sama tim, terlebih lagi jika harus memimpin perjalanan jarak jauh yang diikuti oleh banyak peserta. Kamu akan bekerja sama dengan Tour Guide, Driver, dan Fotografer. 

 

7. Empati

 

Kemampuan untuk peka dengan keadaan sekitar serta bersikap empati, harus menjadi bagian dari keahlian Tour Leader. Dalam memimpin suatu grup wisata, kamu akan mendampingi banyak orang dengan berbagai kepribadian dan latar belakang. Kamu harus peka dengan kebutuhan seseorang atau mampu memposisikan diri sebagai mereka. Tentunya tamu akan merasa senang dan nyaman bila diperhatikan dan diperlakukan dengan baik. Hal ini menjadi bagian dari pelayanan kamu kepada tamu wisatawan.

Itulah 7 keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Tour Leader, apakah kamu sudah memilikinya?. Jika kamu tertarik untuk mengembangkan skill di bidang Tour Leader dan Industri Pariwisata, ikutilah kelas-kelas yang tersedia di Arkademi. Bersama Arkademi #PastiBisa.

 

2022-01-06

0 komentar untuk "7 Keahlian Yang Harus Dimiliki Tour Leader Profesional"

Beri Komentar

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia