Semut dapat mengangkat beban 50 kali tubuhnya

5 Trik Jitu Menghadapi Interview User

Setelah lulus interview bersama HRD, kamu akan memasuki tahap interview dengan User. User adalah seseorang yang nantinya akan bekerja sama dan menjadi atasan kamu di Perusahaan. Biasanya adalah atasan, yakni Supervisor, Manager, atau Team Leader. Proses interview User sifatnya sangat penting, karena User ingin mengetahui karakteristik dan kemampuan kamu secara langsung. Demi keberhasilanmu sukses interview user, simak 5 tips dan trik jitu berikut.

 

1. Pahami Job Description

Kuasai job description dari posisi yang kamu lamar. Bagian ini adalah yang terpenting, karena kamu harus paham apa saja aktivitas pekerjaan yang kamu jalankan setiap hari. Posisi atau nama pekerjaan umumnya sama, tetapi belum tentu memiliki fungsi yang sama. Hal tersebut disesuaikan dengan Perusahaan masing-masing. Misalnya, Profesi Account Executive di Perusahaan A dan Perusahaan B memiliki Job Description yang berbeda.  Sehingga kamu harus pastikan bahwa posisi yang kamu lamar sesuai dengan kualifikasi dan pengalamanmu. User pasti cenderung memilih orang yang berpengalaman di bidang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya.

 

2. Membuat list pertanyaan sebagai bahan latihan

Buatlah daftar pertanyaan yang biasanya akan ditanyakan oleh User, catat dan latih dirimu secara berulang. Hal ini akan memberikan stimulus pada diri untuk lebih mengingat point-point pertanyaan dari User. Hal ini juga membantumu menjadi lebih percaya diri dan tidak grogi saat interview berlangsung. Rajin berlatih interview akan membantumu terbiasa untuk lebih fokus dalam menjawab pertanyaan, tidak berputar-putar dalam menjawab pertanyaan.

 

3. Mampu mendeskripsikan keunggulan diri dengan sistematis

Biasanya seseorang akan merasa kesulitan saat menjelaskan kunggulan diri. Umumnya kita cenderung menjawab pertanyaan keunggulan dengan jawaban yang sifatnya self-claimed. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu tidak jujur dan apa adanya. Ada juga yang kurang mampu mendeskripsikan keunggulannya, karena merasa kurang percaya diri dan khawatir terlihat arogan. Kamu dapat mendeskripsikan keunggulanmu berdasarkan keberhasilanmu di masa lalu. Misalnya saat berorganisasi, atau mengurus project di Perusahaan sebelumnya. Kamu dapat menceritakannya secara sistematis, sehingga User dapat mengetahui gambaran dirimu dengan jelas dan nyata.

 

4. Persiapkan diri untuk membahas negosiasi gaji

Ada beberapa Perusahaan yang langsung mendiskusikan Gaji/upah pada tahap Interview User. Sebaiknya kamu persiapkan hal ini sebaik mungkin, dengan melakukan riset gaji. Cari tahu tentang kisaran gaji dari posisi yang kamu lamar. Lalu sesuaikan dengan pengalaman dan kualifikasi dirimu. Sebaiknya hindari pernyataan seperti “Ya.. sesuaikan saja dengan kualifikasi saya” Hal ini menunjukan kesan kamu terlalu pasrah dan tidak memiliki nilai diri. Kamu harus berani menyebutkan nilai gaji yang kamu harapkan, namun tentunya harus disesuaikan juga dengan kisaran gaji dan kualifikasi yang kamu miliki.

 

5. Tidak canggung, dan jadilah diri sendiri

Biasanya seseorang akan merasa canggung saat Interview User, terlebih lagi jika kamu adalah Fresh Graduates, dimana ini pengalaman pertama Kamu dalam mencari pekerjaan. Persiapkan dirimu sebaik mungkin, berpakaian senyamannya sesuai dengan kepribadianmu. Riaslah wajah agar terlihat rapi dan fresh. Bersikap santai dan murah senyum, jawablah pertanyaan User satu-persatu dengan nada bicara yang sopan dan tenang. Selain itu, tunjukkan antusiasme dan semangat saat berkomunikasi dengan User. Dengan begitu kamu akan meninggalkan kesan percaya diri dan memancarkan aura positif di hadapan User.

Semoga rangkuman ini bisa membantumu dalam menghadapi Interview User. Apabila sudah masuk ke tahap ini, kesempatanmu lebih besar untuk diterima Perusahaan. Yuk ikuti berbagai pelatihan Arkademi yang dapat mendukung skill-mu untuk persiapan menghadapi interview kerja. Bersama Arkademi #PastiBisa

2022-01-06

0 komentar untuk "5 Trik Jitu Menghadapi Interview User"

Beri Komentar

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia