Waktu belajar jam 6 – 9 pagi adalah waktu terbaik otak untuk belajar

CPNS Sebentar Lagi, Ini Dia 5 Lembaga Pemerintah dengan Peminat Terbanyak Setiap Tahunnya

Lembaga peminat terbanyak CPNS sebenarnya berubah setiap tahun. Namun secara umum ada 5 yang kerap menjadi piliha favorit. Apa saja?

Pegawai Negeri Sipil atau PNS sampai saat masih menjadi profesi yang diincar banyak lulusan perguruan tinggi. Hal ini terlihat dari selalu ramainya kursus tes CPNS online. Selain mengikuti kursus CPNS Arkademi, mengetahui lembaga mana saja yang memiliki peminat terbanyak dan mana yang memiliki peminat paling sedikit juga penting.

 

Lembaga Peminat CPNS Terbanyak

 

Berhubung pendaftaran CPNS sebentar lagi, mari simak lembaga peminat CPNS terbanyak setiap tahunnya berikut ini!

 

1. Kementerian Pendidikan

Kementerian sampai saat ini masih menjadi favorit bagi banyak pelamar. Salah satunya adalah Kementerian Pendidikan. Pendidikan Indonesia sampai saat ini masih memerlukan perhatian lebih terutama ketersediaan tenaga pendidik di daerah-daerah terpencil. Menjadi guru dengan status PNS memberikan jaminan finansial yang lebih mapan dibanding guru honorer. Tidak heran jika daftar formasi CPNS di Kementerian Pendidikan selalu ramai peminat.

 

2. Kementerian Keuangan

Lembaga CPNS yang juga selalu ramai diserbu peminat saat pendaftaran CPNS adalah Kementerian Keuangan. Dengan unit penempatan yang banyak mulai dari Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal sampai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan juga menyediakan ratusan kursi setiap tahunnya.

 

3. Kementerian Perhubungan

Formasi peminat terbanyak CPNS berikutnya berasal dari Kementerian Perhubungan. Sama seperti Kementerian Keuangan, Kemenhub juga menyediakan banyak formasi untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari SMA sampai pasca sarjana.

Formasi ini tersebar dalam berbagai posisi termasuk Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Perhubungan Laut dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dengan formasi yang banyak, tidak heran jika peminat formasi CPNS lembaga satu ini selalu tinggi dari tahun ke tahun.

 

4. Kementerian Kesehatan

Hingga saat ini, berkarier di bidang kesehatan masih sangat menjanjikan. Terlebih jika Anda melamar menjadi PNS. Formasi CPNS dari Kementerian Kesehatan pun beragam dan hampir selalu ada setiap kali rekrutmen diadakan.

Beberapa posisi yang bisa dilamar di Kementerian Kesehatan antara lain adalah Administrator Kesehatan Ahli pertama yang akan diisi oleh apoteker, dokter, Ners hingga ahli gizi lulusan Kesehatan Masyarakat.

Lulusan non-kesehatan juga bisa ikut melamar untuk berbagai posisi seperti analis data dan informasi, analis diklat sampai analis keuangan. Peluang yang besar ini ternyata berhasil mendatangkan jumlah pendaftar yang banyak setiap tahunya.

 

5. Kejagung

Kejaksaan Agung atau Kejagung juga menyediakan banyak formasi yang selalu ramai peminat setiap tahunnya. Karena bertugas di bidang penegakan hukum, Kejagung tidak hanya membutuhkan tenaga jaksa saja. Berbagai profesi seperti dokter spesialis, pranata barang bukti sampai ahli komputer juga dibutuhkan oleh instansi ini.

 

Itulah beberapa lembaga yang setiap tahunnya selalu ramai diserbu para pelamar CPNS. Meskipun memiliki banyak peminat, bukan berarti Anda harus menyerah untuk memperoleh kursi di lembaga atau instansi yang diinginkan. Selain memperhatikan formasi yang disediakan, lihat dengan baik persyaratan yang diminta. Jangan sampai Anda gagal saat proses pemberkasan.

Selain memilih instansi yang sesuai, mengikuti kursus tes CPNS online melalui Arkademi juga akan sangat membantu bagi Anda yang ingin lulus ujian. Dalam kursus ini, Anda tidak hanya akan dibekali ilmu untuk menjawab soal-soal tes, tapi juga berbagai trik dan tips agar bisa lulus CPNS di instansi yang diharapkan.

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia