5 Langkah Membuat Usaha Makanan Kekinian Tanpa Modal

Ada berbagai jenis makanan kekinian yang laris di pasaran. Anda bisa menggeluti usaha kuliner ini tanpa modal dan dapatkan keuntungan yang berlipat.

Salah satu jenis usaha yang sangat potensial untuk dikembangkan adalah bisnis kuliner. Bisnis ini selalu dibutuhkan di mana pun dan kapan pun. Peluang keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha makanan yang sukses tak sedikit. Meskipun kompetitornya banyak, jika usaha ini dikelola dengan baik, hasilnya akan memuaskan.

Ada berbagai jenis makanan kekinian yang menarik untuk dijadikan sebagai usaha menguntungkan. Sebut saja jamur krispi, telur gulung, bakso aci, takoyaki, seblak, french toast, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara untuk membangun usaha makanan kekinian tanpa modal?

Tentukan Jenis Makanan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis makanan yang akan dijual. Ada banyak pilihan yang tersedia dan berpotensi menguntungkan. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya Anda melakukan survei kecil-kecilan mengenai jenis makanan yang mengundang lebih banyak minat pembeli.

Persiapkan Produk

Usaha kuliner sangat berkaitan erat dengan rasa makanan tersebut. Jika rasa makanan bisa diterima oleh lidah pembeli, niscaya usaha tersebut akan sukses dengan cepat.

Cara mempersiapkan produk adalah dengan melakukan sejumlah percobaan. Buatlah produk makanan yang rasanya benar-benar enak, bahkan dapat membuat orang lain ketagihan untuk memakannya. Anda mungkin harus melakukan banyak percobaan hingga menemukan resep yang sempurna.

Apakah Anda masih awam dan ingin belajar membuat makanan kekinian? Cobalah mengikuti pelatihan singkat di kelas online yang terdapat di Arkademi. Di sini, ada kursus dan pelatihan untuk membuat makanan kekinian yang cocok sebagai produk jualan. Dengan belajar di Arkademi, Anda dapat meningkatkan skill memasak dan menjadi modal berjualan.

Sebagai dasar dalam memulai bisnis di bidang kuliner yang kekinian memang harus memiliki contoh atau tutorial sebagai awal untuk memulai. Beberapa kelas ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin memulai hobi atau karir dalam membuat makanan kekinian. Seperti kelas Kursus Masak dan Aneka Resep Jajanan Manis Kekinian Bersama Putri Habibie yang dibawakan oleh Putri Habibie dengan materi berisi cara membuat jajanan manis yang digemari saat ini.

Dapatkan Feedback

Pada awalnya, Anda mungkin belum terlalu percaya diri untuk menjual produk yang dihasilkan. Karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengetes minat pasar terhadap produk makanan yang dijual.

Pilihlah orang-orang yang dianggap bisa berkata dengan jujur mengenai pendapat mereka. Berikan sampel produk dan mintalah feedback. Dari hasil masukan tersebut, Anda akan dapat memperbaiki produk jika ada yang belum sempurna.

Mulai Berjualan

Setelah yakin dengan produk yang ditawarkan, saatnya bagi Anda untuk menawarkannya kepada orang lain. Mulailah dengan membuat produk dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Stok produk bisa ditambah seiring dengan permintaan yang meningkat.

Promosikan Produk di Media Sosial

Agar usaha makanan yang Anda kelola makin sukses, Anda harus melakukan promosi yang gencar. Namun, promosi biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tanpa modal uang tersebut, Anda tidak perlu khawatir atau putus asa.

Masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk. Salah satunya, dengan mengoptimalkan peran media sosial. Kita mengetahui bahwa media sosial merupakan sarana berinteraksi dengan orang lain secara online. Hampir setiap orang kini memiliki akun di media sosial.

Anda harus melakukan promosi tersebut secara rutin, baik di media seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Makin banyak orang yang melihat postingan tersebut, makin besar pula peluang penjualan yang akan didapatkan. Jika postingan Anda menarik, bukan tidak mungkin akan banyak dibagikan sehingga view-nya pun makin melonjak.

Dengan bertambahnya peminat, maka kedepannya akan memudahkan anda dalam melakukan promosi dan pemasaran melalui sosial media. Sehingga jika Anda berencana membuat produk baru kedepannya, maka peminat ataupun pengikut anda akan antusias mencoba produk baru Anda.

Jadi, inilah cara untuk membangun usaha tanpa modal. Berbekal kemampuan memasak dan didukung oleh metode promosi yang tepat, usaha kuliner ini bisa berjalan dengan baik. Anda pun memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Nah, mulailah bisnis makanan kekinian sekarang tanpa khawatir tak punya modal.

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia