Mempelajari bahasa kedua, dapat meningkatkan kemampuan otak anak

5 Alasan Mendulang Cuan Dari Bisnis Daur Ulang Limbah

Volume sampah di Indonesia mencapai 67,8 ton per-tahun. Tingginya volume sampah yang tidak tertangani dapat diubah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Kesempatan ini dapat dijadikan peluang bisnis yang berkelanjutan. Apakah kamu termasuk kelompok pecinta lingkungan? Atau seseorang yang mampu melihat peluang bisnis dari sampah? Simak 5 alasan berikut yang dapat memotivasi kamu untuk mulai bisnis di bidang daur ulang.

1. Kepedulian Lingkungan

Bumi mengalami isu perubahan iklim yang ekstrim, dimana iklim semakin tak menentu dan banyak terjadi bencana alam di dunia. Berkontribusi dalam mengelola produk daur ulang limbah, Kamu turut terlibat dalam menyelamatkan Bumi kita. Tak hanya mendulang untung, kamu juga sekaligus peduli terhadap keberlanjutan ekosistem bumi. Keren kan? Kamu bisa menjadi agen perubahan dalam mengubah dunia menjadi lebih baik.

2. Jumlah Kompetitor Sedikit

Tak hanya berkontribusi dalam perbaikan lingkungan, bisnis daur ulang memiliki perspektif bisnis yang menjanjikan. Pebisnis di bidang daur ulang limbah jumlahnya masih tidak terlalu banyak. Sehingga Kamu tidak terlalu memiliki banyak kompetitor. Selain itu jenis limbah ada banyak, ada limbah plastik, limbah kertas, limbah cair, limbah rumah tangga, dll. Banyaknya jenis limbah juga membuka peluang yang luas bagi siapapun yang ingin mendirikan bisnis limbah.

3. Sustainable business

Mendirikan bisnis di bidang daur ulang merupakan bisnis yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan. Hal ini dapat dilihat dari bahan pokok produk, yaitu limbah. Setiap hari manusia akan mengkonsumsi produk, dimana sampah atau limbah akan selalu ada setiap harinya. Keberlanjutan dari trend bisnis daur ulang memiliki jangka waktu yang lebih panjang dibanding produk lainnya. Produk hasil daur ulang pun bisa beragam, sehingga tidak terbatas dalam proses produksi dan bahan pokok produksi.

4. Memperoleh Keuntungan Besar

Bisnis daur ulang limbah dikenal dengan istilah “mengubah sampah menjadi permata”. Kamu dapat mengubah barang sampah menjadi barang yang bernilai. Bermodalkan limbah, kamu dapat menyulap berbagai jenis produk menjadi barang yang memiliki nilai guna. Misalnya, limbah plastik yang diubah menjadi produk Fashion, atau Furniture. Tentunya produk hasil limbah dibuat dengan dukungan kreatifitas. Tidak heran jika produk fashion atau furniture berbahan dasar limbah bisa bernilai hingga jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

5. Membuka Lapangan Kerja

Selain 4 alasan diatas, ada alasan penting yang sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. Meskipun bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang sedikit, kamu mampu berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja yang luas. Bisnis daur ulang limbah dapat dimulai dari skala yang paling kecil, yaitu level UMKM. Kamu dapat menyejahterakan banyak orang di lingkungan sekitar, dan mendukung program pemerintah untuk dukung brand lokal.

Itulah 5 alasan kuat untuk meraih cuan dari bisnis daur ulang limbah. Tunggu apa lagi? Mulai dari sekarang dan ikuti Pelatihan Arkademi tentang memanfaatkan limbah kertas. Selain menambah ilmu, kamu juga memperoleh penghasilan tak terbatas dari bisnis daur ulang limbah.

2022-01-06

0 komentar untuk "5 Alasan Mendulang Cuan Dari Bisnis Daur Ulang Limbah"

Beri Komentar

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia