Hanya 15% miliarder dunia yang alumni dari univeritas prestisius

5 Alasan Kenapa Menguasai Bahasa Inggris Penting untuk Peluang Karier yang Lebih Baik

Manfaat bahasa Inggris lebih dari sekadar untuk memperlancar komunikasi, tapi juga meningkatkan peluang Anda dalam berkarier. Mengapa?

Semua orang pasti mendambakan karier yang sukses. Namun untuk bisa mencapainya, ada berbagai hal yang harus ditingkatkan. Salah satunya adalah skill yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Terlebih saat ini persaingan dunia kerja semakin meningkat. Di antara sekian banyak faktor penentu, peran bahasa Inggris untuk jenjang karier sangat penting. Mengapa?

Dengan pertumbuhan ekonomi global yang semakin pesat, banyak perusahaan asing yang masuk ke tanah air. Sebaliknya, perusahaan dalam negeri pun membuka kesempatan lebih luas untuk penempatan di cabang mereka di luar negeri. Untuk bisa menempati posisi-posisi itu, Anda memerlukan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Apalagi berdasarkan survei, sebanyak 96% perusahaan di tanah air menganggap bahasa Inggris adalah skill yang harus dimiliki oleh karyawan baik untuk posisi senior maupun pemula. Lantas, apa saja manfaat bahasa Inggris dalam dunia kerja?

 

1. Memberikan Peluang yang Lebih Banyak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak perusahaan yang menganggap bahwa skill berbahasa Inggris itu penting bagi karyawan mereka. Di era globalisasi seperti sekarang, perusahaan akan berlomba-lomba untuk bisa menjangkau pasar internasional. Salah satu caranya adalah dengan memiliki karyawan yang fasih berbahasa Inggris.

Manfaat bahasa Inggris untuk Anda tidak hanya memberikan peluang kerja yang besar di dalam negeri. Dengan keahlian ini, Anda juga akan lebih mudah melamar ke perusahaan asing di luar negeri.

 

2. Memperoleh Sumber Informasi yang Lebih Banyak

Internet dan buku merupakan sumber literasi yang bagus untuk menambah pengetahuan di bidang pekerjaan yang Anda geluti. Meski ada sumber yang menggunakan bahasa Indonesia, sumber yang berbahasa Inggris umumnya memuat informasi yang mendalam dan lebih lengkap. Beberapa di antaranya bahkan tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.

Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris, Anda bisa mengakses semua bahan dengan bebas. Semakin banyak Anda membaca, semakin besar kesempatan Anda meningkatkan skill dan tentu saja memperoleh posisi yang lebih tinggi.

 

3. Berpeluang Memperoleh Penghasilan yang Lebih Besar

Percayakah Anda bahwa salah satu manfaat bahasa Inggris adalah untuk mendapatkan gaji yang lebih besar? Berdasarkan sebuah studi ditemukan bahwa tenaga profesional yang fasih berbahasa Inggris ternyata berpeluang memperoleh penghasilan yang lebih tinggi hingga 50% dibanding mereka yang tidak bisa berbahasa Inggris. Ketika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris, tanggung jawab yang diberikan akan semakin besar. Secara langsung, ini akan berpengaruh pada penghasilan yang didapatkan.

 

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Hal yang tidak kalah penting dalam meningkatkan karier adalah kemampuan berpikir kognitif. Orang-orang yang mempelajari bahasa asing termasuk bahasa Inggris terbukti punya kemampuan yang lebih baik dalam mengingat daftar dan urutan. Mereka juga cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang berubah-ubah. Skill semacam ini tentu sangat membantu dalam dunia kerja.

 

5. Peluang Melanjutkan Pendidikan yang Lebih Tinggi

Saat ini hampir semua universitas mensyaratkan calon mahasiswa S2 untuk memiliki sertifikat IELTS dan TOEFL. Ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan. Semakin tinggi pendidikan Anda, semakin besar juga peluang untuk menempati posisi yang lebih tinggi di perusahaan.

Itulah beberapa manfaat bahasa Inggris dalam dunia kerja yang perlu Anda ketahui. Raih jabatan yang lebih tinggi dengan memperlancar kemampuan bahasa Inggris melalui Arkademi sekarang juga.

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia